Ritus[1] dalam bahasa Latin boleh difahamkan sebagai upacara (ceremony, rite) secara amnya.[2] Namun, istilah ini lebih khusus diterapkan dalam anutan agama Kristian kepada suatu liturgi tertentu.[3] Misalnya, dalam keyakinan Katolik, sakramen pengurapan orang sakit lazim dilaksanakan apabila seseorang dipercayai menjelang kematiannya - ini disebut sebagai "ritus terakhir" (last rites).

Dalam tata guna Kristian, upacara dapat pula bererti keseluruhan dari suatu tradisi liturgi yang biasanya berpusat pada suatu lokasi tertentu. Misalnya Ritus Latin atau Ritus Rom, Ritus Byzantium dan Ritus Suryani. Upacara-upacara seperti ini merangkumi berbagai upacara kecil. Misalnya, Upacara Byzantium memiliki variasi Yunani, Rusia, dan variasi-variasi yang mempunyai kaitan asas dengan beberapa etnik yang lain.

Lihat jugaSunting

Jenis ritus gereja

RujukanSunting

  1. ^ ""ritus" - Istilah MABBIM". Pusat Rujukan Persuratan Melayu. Dicapai pada 31 Mei 2020.
  2. ^ "ritus". Online Latin Dictionary. Dicapai pada 31 Mei 2020.
  3. ^ Contoh penggunaan: * "Gereja Katolik Malaysia tangguh Misa Umum Minggu Suci, Paskah". Herald Malaysia. 28 Mac 2020. Dicapai pada 3 Jun 2020. Pedoman itu juga menyatakan ritus-ritus liturgi seperti ritus IKD...