Sekolah Menengah Pertama Attahiriyah


Sekolah Menengah Pertama Attahiriyah atau nama ringkasnya SMP Attahiriyah, merupakan Sekolah Menengah Pertama Swasta yang terletak di Jl. Raya Penggilingan, Jakarta Timur, Indonesia.

Sekolah Menengah Pertama Attahiriyah
Lokasi
Jl. Raya Penggilingan, Provinsi DKI Jakarta
Indonesia Indonesia
Maklumat
Jenis sekolahSekolah Menengah Pertama, Swasta
MotoBermental positif dan Berkarakter
Kod sekolahNPSN = 20107052
NSS = 204016406356
PengetuaDR. H.S. Suryani Thaher dan DR. H.M. Syathiri Ahmad
Laman sesawang

Sejarah sunting

SMP Attahiriyah telah beberapa kali mengadakan pergantian Kepala Sekolah.

Pada tahun 2010, SMP Attahiriyah memiliki 74 pelajar lelaki dan 45 pelajar perempuan, menjadikan jumlah keseluruhan murid seramai 119 orang. 2010

Pada bulan Juli tahun 2012, Ibu Asmarani, BA menyerahkan jabatan Kepala Sekolah kepada Ibu Anne Rufaidah, S.Psi.

Pada masa kepemimpinan Ibu Anne Rufaidah, S.Psi inilah SMP Assyairiyah Attahiriyah mulai berbenah diri di segala bidang. Dengan landasan Ilmu Psikologi dan menggandeng seorang Konsultan Psikologi Pendidikan, serta dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah, di tahun 2013 Ibu Anne Rufaidah, S.Psi merumuskan kembali visi, misi dan tujuan sekolah dengan keyakinan bahwa setiap warga sekolah memiliki potensi diri yang dapat dikembangkan.

Dengan pemikiran "Sekolah bagus bukan hanya sekolah yang banyak peserta didiknya, akan tetapi sekolah yang selalu meningkatkan kualitas", pada tahun 2014 mulai diberlakukan kembali pembenahan-pembenahan, seperti: (1) Pembenahan SDM meliputi: Penegakkan tata tertib sekolah, pemberlakuan SOP dan MOU dan supervisi guru, (2) Pembenahan sarana dan prasarana sekolah meliputi: revitalisasi dan penambahan ruang-ruang, pengadaan fasilitas-fasilitas sekolah dan fasilitas-fasilitas pembelajaran; (3) Pembentukan karakter siswa dengan mengaktifkan kembali kegiatan ekstrakurikuler dan menetapkan sistem-sistem sesuai dengan prinsip "behaviour modification"; (4) Melibatkan orang tua dalam pelaksanaan program sekolah dengan mengadakan seminar-seminar dan sosialisasi untuk orang tua. Sehingga pada tahun 2015, SMP Assyairiyah Attahiriyah memperoleh Predikat Akreditasi A dengan nilai 91.

Pencapaian sunting

Pada tahun 2017, ibu Anne Rufaidah, S.Psi dibantu bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) membentuk tim manajemen sekolah kemudian mengusung program Green School dan Sekolah Ramah Anak serta mengembangkan program-program yang sudah ada dengan membuat standar pelaksanaan kegiatan-kegiatan dan program tahunan sekolah dengan tujuan mengoptimalkan potensi dan kreatifitas seluruh warga sekolah. Sekolah juga membentuk support system dari orang tua peserta didik dan beberapa rekanan yang ditetapkan secara berkala. Meski memiliki kendala keterbatasan ruang, dengan prinsip "Memberikan yang terbaik di tengah keterbatasan", pada tahun 2020 sekolah membangun lantai 4 untuk kelas, laboratorium IPA dan ruang OSIS. Kemudian sehubungan dengan Sekolah Ramah Anak dan diterapkannya Kurikulum Merdeka, sekolah membentuk program bilingual yang berfokus pada peningkatan peserta didik dalam penguasaan bahasa Inggris. Dengan itu, SMP Assyairiyah Attahiriyah saat ini memiliki dua program yaitu program Reguler dan program Bilingual.

Pada tahun 2023 SMP Assyairiyah Attahiriyah memiliki 420 peserta didik dengan 15 Rombongan Belajar.

Alamat sunting

Sekolah Menengah Pertama Attahiriyah
Jl. Raya Penggilingan,
Jakarta Timur, DKI Jakarta,
Indonesia
Telefon = 0214601839
Email = smpassy.attahiriyah@gmail.com
Website = www.smpattahiriyahcakung.com

Pautan luar sunting

  •   Laman di Kementerian Pendidikan Nasional, Republik Indonesia 2010 / 2011