Sungai Abu

kampung di Indonesia

Sungai Abu, Kabupaten Kerinci adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Air Hangat Timur. objek wisata yang terdapat didesa tersebut adalah bukit Katenggan, tapi belum diketahui secara luas oleh masyarakat karena kurang adanya dukungan dari Pemerintah untuk mempromosikannya, di bukit katenggan terdapat batu yang menggambarkan seperti Mesjid, dan terdapat gua-gua kecil yang saling berhubungan. sebagian besar penduduk sungai abu berpenghasilan sebagai Petani, PNS, Polisi, TNI, dan ada yang merantau di negeri Malaysia untuk menghidupi keluarganya yang ada di kampung halamannya. salah satu keturunan sungai abu yang dikenal oleh penduduk masyarakat Malaysia adalah Haji Abdullah Hukum yang dulunya menjabat sebagai menteri kerajaan.

saat ini desa sungai abu mempunyai 5 bagian yaitu Desa Air Panas Sungai Abu, Desa Sungai Abu, Desa Baru Sungai Abu, Desa Pondok Sungai Abu dan Desa Koto Tebat. sekarang yang menjabat sebagai kepala desa sungai abu adalah Drs. Uri Jamin, kepala desa air panas sungai abu yadri, kepala desa baru sungai abu Abdul Karim. Oleh pemuda-pemudi untuk sebutan sungai abu di singkat dengan sebutan USA atau Uhang Sunga Abeu yang bahasa Indonesia nya adalah Orang Sungai Abu.

dari isu yang berkembang saat ini banyak yang menganggap bahwa dahulunya Sungai Abu adalah jajahan dari Sungai Penuh, tapi kenyataannya tidak begitu karena sungai abu bukanlah jajahan dari sungai Penoh.