Tenten ialah salah satu watak dalam siri anime dan manga Naruto.

Biodata
Nama Tenten
Tarikh Lahir 9 Mac
Umur Bahagian l : 13-14

Bahagian ll : 17-18

Tinggi Bahagian l : 154 CM

Bahagian ll : 163 CM

Berat Bahagian l : 42.2 KG

Bahagian ll : 47.3 KG

Jenis Darah B
Pekerjaan Penjual Senjata
Tempat Tinggal Konohakagure
Team Team Guy
Rank Bahagian l : Genin

Bahagian ll : chunin

Tenten (テ ン テ ン, Tenten) adalah seorang kunoichi dari Konohagakure dan anggota Tim Guy. Meskipun awalnya ingin menjadi seperti Sannin Tsunade yang legendaris, dia menyadari bahwa dia tidak memiliki kontrol chakra yang diperlukan untuk menjadi ninja medis. Namun, dia tidak menyerah untuk menjadi kunoichi yang kuat, mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menyempurnakan persenjataan dan keterampilan fūinjutsu.


Sejak menjadi murid Akademi, Tenten memiliki cita-cita untuk menjadi kunoichi legendaris seperti Tsunade, salah satu Sannin, yang secara terbuka dia bagikan kepada orang lain. Setelah lulus, dia ditugaskan ke asuhan jōnin dari Might Guy, bersama rakan sekelasnya Rock Lee dan Neji Hyūga. Untuk ujian terakhir mereka menjadi genin, Guy memaksa calon siswanya untuk membantahnya dan melihat komitmen mereka untuk berjaya. Akhirnya, ketiganya lulus. Selama masa percubaan dan kegagalan, mencoba meniru Tsunade, Tenten berusaha menjadi ninja medis, membangun kekuatan mentahnya dan semacamnya. Sementara setiap usaha yang gagal merosakan harga dirinya, Tenten kemudian menemukan bakatnya dalam fūinjutsu dan dengan demikian mengembangkan gaya bertarungnya yang unik. Menyadari sifatnya sendiri, dia berhenti berusaha untuk menjadi seperti Tsunade, tetapi masih belum menyerah pada mimpinya menjadi kunoichi legendaris dalam dirinya sendiri. Kemudian, Tenten dan rekan satu timnya ditawari kesempatan untuk mengikuti Ujian Chunin dalam kemungkinan dipromosikan ke peringkat tersebut. Namun, ketiganya memutuskan untuk lulus ujian untuk sementara waktu untuk lebih mengasah keterampilan mereka.


Personaliti sunting

Tenten digambarkan secara semula jadi ingin tahu dan taat, dengan impian peribadi untuk menjadi kunoichi legenda seperti Tsunade. Hal ini menyebabkan dia menjadi sangat berkonsultasi tentang wanita, mempertahankan bahawa gadis boleh sama mahirnya seperti anak lelaki di taijutsu ketika Neji berpendapat sebaliknya. Tenten menunjukkan rasa tidak senang kerana lemah atau terlalu bergantung pada orang lain. Walaupun kadang-kadang dia cukup garang, Tenten baik hati dan prihatin terhadap orang lain, menenangkan rakan-rakannya ketika mereka melalui masa yang sulit.

Berada di sekitar rakan sepasukannya yang terlalu bersemangat, terutama Might Guy dan Rock Lee, Tenten sering dibiarkan marah pada telatah mereka dan berharap mereka akan berkelakuan lebih matang; impian Tsukuyomi yang tidak terhingga sebenarnya menggambarkan ini. Dia lebih senang dan tidak suka melakukan perjalanan sepanjang hari atau terus berlatih ketika dia sudah penat, dengan alasan itulah dia menikmati cuti dari misi. Namun, dia sangat mengambil berat tentang pasukannya, membantu menyelamatkan Lee semasa Ujian Chunin ketika dia tidak melapor kembali di pangkalan mereka. Dia juga sangat menghormati rakan sepasukannya yang lain, Neji Hyūga dan sering membantunya berlatih.

Sememangnya Tenten, yang merupakan pengguna alat ninja, sangat menyukai senjata ninja sehingga dia mengumpulkan setiap alat ninja dari seluruh dunia sebagai hobi. Lebih-lebih lagi, hobinya berkembang sehingga dia membuka kedai alat ninja yang lengkap. Dia juga tampak tertarik dengan makhluk ghaib, mempercayai hantu dan seumpamanya.

Penampilan sunting

Tenten memiliki rambut hitam dan mata kelabu, keduanya digambarkan berwarna coklat tua di anime. Dia menata rambutnya dengan dua sanggul gaya Cina di kepalanya dengan poni pendek yang membingkai wajahnya. Dia menjaga gaya rambut ini konsisten di seluruh Bagian I dan II. Dalam The Last: Naruto the Movie, sanggul rambutnya dikepang dan disatukan oleh anyaman pendek yang jatuh tepat di bawah bahunya. Sebagai orang dewasa, sanggul kepang masih disimpan, tetapi poninya yang lurus menutupi dahinya.

Pakaian Tenten berfungsi sebagai referensi untuk budaya Cina. Di Bagian I, dia mengenakan blus bergaya qipao tanpa lengan berwarna merah muda (awalnya digambarkan berwarna biru di manga) dengan hiasan lengan merah dan kancing kuning serta celana hijau tua. Sebuah kantong disesuaikan dengan pahanya dan pelindung dahi serta sandalnya berwarna biru. Di Bagian II, Tenten mengenakan blus putih lengan panjang berkerah tinggi dengan tepi merah marun, sarung tangan hitam tanpa jari, sandal hak rendah, dan pelindung dahi hitam. Dia memakai celana merah marun, bengkak hakama dengan bagian terbuka ditutupi perban dan sarung shuriken dilepas. Dia biasanya membawa gulungan besar di belakang punggungnya. Selama Perang Dunia Shinobi Keempat, Tenten mengenakan jaket antipeluru infanteri Konoha standar dan berbagai macam pakaian, bersama dengan sarung di pinggangnya yang membawa dua gulungan kecil.

Dalam The Last: Naruto the Movie, Tenten mengenakan gaun qipao berkerah tinggi tanpa lengan putih dengan hiasan merah dan pola api merah muda di sebelah kiri, diikat dengan obi merah marun. Di bawahnya, dia memiliki stoking kaki jala dan sepatu bot hitam hak tinggi. Dia tidak lagi memakai sarung tangan dan pelindung dahi, tetapi memakai sepasang gulungan hitam di sekitar pergelangan tangannya seperti gelang, dan memiliki dua gulungan berwarna hijau dan abu-abu muda diikat di punggung bawahnya.

Sebagai orang dewasa, Tenten sekali lagi memakai pakaian serupa yang dia kenakan di Bagian II dengan celana berwarna peach. Dia juga memakai anting-anting seperti rumbai merah menjuntai.

Kebolehan sunting

Tenten adalah kunoichi yang sangat terampil dan cekap; keahliannya dijunjung tinggi oleh timnya. Pada Bagian II, dia menjadi chūnin, mampu menekan orang-orang seperti Kisame Hoshigaki dengan bantuan rekan satu timnya.Sebagai orang dewasa, Tenten dikatakan sebagai kunoichi yang unggul dalam ninjutsu ruang-waktu, yang dapat dia gunakan untuk memanggil boneka yang dilengkapi dengan pistol kunai.

Bukijutsu sunting

Tenten mampu menggunakan berbagai macam senjata dengan kemampuan tinggi, seperti manriki-gusari dan bō. Dia bahkan bisa secara efektif menggunakan senjata yang tidak dia ketahui sebelumnya, seperti Jidanda dan Bashōsen. Juga, seperti yang dicatat oleh rekan satu timnya, Tenten adalah penembak jitu yang sangat baik, mencapai nilai 100/100 setiap kali. Saat dewasa, Tenten dianggap sebagai pengguna senjata utama Konoha.

Fūinjutsu sunting

Tenten sangat ahli dalam menggunakan fūinjutsu. Metodenya yang biasa adalah dengan menyimpan sejumlah besar senjata ke dalam gulungannya, yang nantinya boleh dibuka segelnya untuk membom lawan-lawannya. Dia bisa menempelkan kertas peledak ke senjata agar lebih membunuh, dan menggunakan tali kawat untuk memandu lintasan senjata dengan lebih baik. Di anime, dia bisa menggunakan dua gulungan kecilnya untuk melakukan Twin Rising Dragons, teknik di mana dia secara manual meluncurkan berbagai senjata secara berurutan. Di Bagian II, dia menggunakan gulungan besar, yang membawa lebih banyak senjata. Di anime, dia dapat menggunakan gulungan untuk melakukan Manipulated Tools: Heavenly Chain Disaster, teknik yang menghujani banyak senjata ke lawan dan mencakup jangkauan yang luas.

Dalam anime, Tenten telah terbukti menyegel lebih dari sekedar senjata ke dalam gulungannya, seperti naga api yang meledak saat bersentuhan, dan kubah logam untuk pertahanan melawan serangan. Dia bahkan dapat menyimpan benda sebesar kapal, atau badan air yang besar.