Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Laut

Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Laut (disingkatkan kepada TNI-AL, dalam Bahasa Inggeris "Indonesian National Military-Naval Force") adalah cabang laut bagi Tentara Nasional Indonesia. Ia ditubuhkan pada 10 September 1945 dan mempunyai tanggungjawab meronda kawasan pesisiran Indonesia yang panjang, untuk menguatkuasa dan membuat rondaan perairan wilayah dan zon ekonomi eksklusif (EEZ) Indonesia, untuk melindungi kepentingan strategik maritim Indonesia, untuk melindungi pulau-pulau seluruh Indonesia, dan mempertahankannya dari ancaman serangan laut. Ia mempunyai sekitar 126 buah kapal perang pelbagai kelas dan jenis, menjadikan angkatan ini sebagai salah satu angkatan tentera laut yang terbesar dari segi keanggotaan dalam kalangan negara-negara Asia Tenggara.

Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Laut
TNI-AL

Lambang Tentera Laut Indonesia


Bendera Tentera Laut Indonesia
Ditubuhkan pada10 September 1945
Negara Indonesia
JenisTentera laut
Saiz74,000[1] (2011)
Sebahagian daripadaTentara Nasional Indonesia
MotoJalesveva Jayamahe
(bahasa Sanskrit, lit: "Justru di Laut Kita Jaya")
Kapal perang dan perlengkapannya150[2] (2012)
PertempuranPertempuran Laut Aru
Laman webhttp://www.tnial.mil.id/
Komander
Kepala StafLaksamana Muhammad Ali
Wakil Kepala StafLaksamana Madya Ahmadi Heri Purwono
Tanda kebesaran
Bendera Kapal
Roundel & Fin Flash

Angkatan Laut ini dipimpin oleh seorang Kepala Staf (disingkatkan kepada Kasal). Angkatan ini turut diperkuatkan dengan tiga armada utama yang dikenali sebagai "Armada" iaitu Komando Armada I (Markas 1 Armada) bertempat di Jakarta, Komando Armada II (Markas 2 Armada) bertempat di Surabaya, Komando Armada III (Markas 3 Armada) bertempat di Sorong, dan sebuah Markas Angkutan Laut Tentera (Komando Lintas Laut Militer). Angkatan Laut juga memimpin Korps Marinir Indonesia.

Semua kapal dalam armada TNI-AL membawa imbuhan awalan KRI yang bermaksud Kapal Republik Indonesia (Republic of Indonesia Ship).

Sejarah sunting

Penubuhan Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut) pada sekitar 10 September 1945 menjadi tonggak penting bagi kehadiran Tentara Laut Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diistihar pada tarikh 17 Ogos 1945. Kehadiran BKR Laut ini tidak terlepas dari peranan tokoh-tokoh bahariawan yang pernah bertugas di jajaran Koninklijke Marine ketika penjajahan Belanda dan Kaigun pada zaman pendudukan Jepun. Faktor lain yang mendorong pembentukan badan ini adalah masih adanya potensi yang memungkinkannya menjalankan fungsi mebgurus Angkatan Laut seperti kapal-kapal dan pangkalan, sungguhpun pada ketika itu Angkatan Bersenjata Indonesia belum ditubuhkan.

Terbentuknya organisasi ketenteraan Indonesia yang dikenal sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR) turut mendorong kepada pembentukan Tentara Keamanan Rakyat Laut yang selanjutnya lebih dikenal sebagai Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI), dengan segala kekuatan dan kemampuan yang dimilikinya. Sejumlah pangkalan Angkatan Laut terbentuk, kapal - kapal peninggalan Jawatan Pelayaran Jepun digunakan, dan anggota-anggotanya pun direkrut untuk memenuhi tuntutan tugas sebagai pengawal laut Republik yang baru terbentuk itu. Kekuatan yang sederhana tidak melemahkan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) untuk menggelar Operasi Lintas Laut dalam rangka menyebarkan berita pengistiharan dan menyusun kekuatan bersenjata di berbagai tempat di Indonesia. Di samping itu, mereka juga melakukan pelayaran membolosi pengepungan laut olah Belanda dalam rangka mendapatkan bantuan dari luar negara.

Kepahlawanan perajurit samudera terserlah dalam berbagai pertempuran laut dengan Angkatan Laut Belanda di berbagai tempat seperti Pertempuran Selat Bali, Pertempuran Laut Cirebon, dan Pertempuran Laut Sibolga. Operasi lintas laut juga mampu menyusun pasukan bersenjata di Kalimantan Selatan, Bali, dan Sulawesi. Batasan dalam kekuatan dan kemampuan menyebabkan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) harus mengalihkan perjuangan di pedalaman, setelah sebagian besar kapal ditenggelamkan dan hampir semua pangkalan digempur oleh kekuatan tentera Belanda dan Sekutu. Sebutan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Gunung kemudian melekat pada diri mereka. Namun demikian tekad untuk kembali berperanan di laut tidak pernah surut. Dalam masa kesulitan selama Perang Kemerdekaan Angkatan Laut Republik Indonesia berhasil membentuk Corps Armada (CA), Corps Marinier (CM), dan lembaga pendidikan di berbagai tempat. Pembentukan unsur - unsur tersebut menandakan kehadiran aspek bagi pembentukan Angkatan Laut yang modern.

Berakhirnya Perang Kemerdekaan memulakan pembangunan ALRI sebagai Angkatan Laut modern. Sesuai dengan hasil Konferensi Meja Bundar sejak tahun 1949, Angkatan Laut Republik Indonesia menerima berbagai peralatan perang berupa kapal - kapal perang beserta berbagai kemudahan sokongan seperti Pangkalan Angkatan Laut. Langkah ini bersamaan dengan pengukuhan Angkatan Laut Republik Indonesia, pembentukan organisasi, dan pengambilan anggota melalui lembaga pendidikan sebelum mengendali peralatan laut dalam. Dalam tempoh 1949 hingga 1959 Angkatan Laut Republik Indonesia berhasil menyempurnakan kekuatan dan meningkatkan kemampuannya. Di bidang organisasi, Angkatan Laut Republik Indonesia membentuk Armada, Korps Marinir yang saat ini disebut sebagai Korps Komando Angkatan Laut (KKO-AL), Penerbangan Angkatan Laut dan sejumlah Komando Daerah Maritim sebagai komando pertahanan kewilayahan aspek laut. Peralatan tempur ALRI pun bertambah baik yang berasal dari penyerahan Angkatan Laut Belanda maupun pembelian dari berbagai negara. Penyediaan tentera yang profesional juga mendapatkan perhatian yang besar dengan penubuhan lembaga pendidikan untuk mendidik calon - calon parajurit dari segi strategi, latihan dll, serta pengiriman parajurit Angkatan Laut Republik Indonesia untuk mengikuti pendidikan luar negeri.

Dengan peningkatan kekuatan dan kemampuan tersebut, Angkatan Laut Republik Indonesia mulai menyempurnakan strategi, taktik, maupun teknik operasi laut yang langsung diguna pakai dalam berbagai operasi ketenteraan dalam rangka menghadapi gerakan pemisah yang muncul pada tahun 1950 hingga 1959. Dalam operasi penugasan PRRI di Sumatera, Permesta di Sulawesi, DI/TII di Jawa Barat, dan RMS di Maluku, Angkatan Laut Republik Indonesia memperoleh pelajaran dalam penerapan konsep operasi laut, operasi amfibi, dan operasi gabungan dengan angkatan lain.

Pada saat keadaan negara baru pulih dari ancaman perpecahan, pada tahun 1959 Angkatan Laut Republik Indonesia mencanangkan program yang dikenal sebagai Menuju Angkatan Laut yang Jaya. Sampai tahun 1965 Angkatan Laut Republik Indonesia mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini dilatarbelakangi oleh politik konfrontasi dalam rangka merebut Irian Barat yang dirasa tidak dapat diselesaikan secara diplomatis. Berbagai peralatan tempur Angkatan Laut dari negara Eropa Timur memperkuat Angkatan Laut Republik Indonesia dan menjadi kekuatan dominan pada saat itu. Beberapa mesin perang yang terkenal di jajaran Angkatan Laut Republik Indonesia antara lain kapal penjelajah (cruiser) RI Irian, kapal perusak (destroyer) klas 'Skory', fregat klas 'Riga', Kapal selam klas 'Whisky', kapal tempur cepat berpeluru kendali klas 'Komar', pesawat pembom jarak jauh Ilyushin IL-28, dan Tank Amfibi PT-76. Dengan kekuatan tersebut pada era tahun 1960-an ALRI disebut - sebut sebagai kekuatan Angkatan Laut terbesar di Asia.

Ada beberapa operasi laut selama operasi pembebasan Irian Barat yang dikenal dengan sebutan Operasi Trikora itu. Pada awal Trikora digelar, kapal -kapal cepat torpedo Angkatan Laut Republik Indonesia harus berhadapan dengan kapal- kapal perusak, fregat, dan pesawat Angkatan Laut Belanda di Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962. Komodor Yos Soedarso beserta RI Macan Tutul tenggelam pada pertempuran laut tersebut. Peristiwa yang kemudian dikenang sebagai Hari Dharma Samudera itu memacu semangat untuk merebut Irian Barat secara militer. Pada saat itu Angkatan Laut Republik Indonesia mampu mengorganisasikan Operasi Jayawijaya yang merupakan operasi amfibi terbesar dalam sejarah operasi militer Indonesia. Tidak kurang dari 100 kapal perang dan 16,000 prajurit disiapkan dalam operasi tersebut. Gelar kekuatan tersebut memaksa Belanda kembali ke meja perundingan dan dicapai kesepakatan untuk menyerahkan Irian Barat ke pangkuan Republik Indonesia.

Politik konfrontasi Republik Indonesia dalam melawan Neo Kolonialisme dan Imperialisme (Nekolim) dilanjutkan pada Operasi Dwikora untuk menentang pembentukan negara Malaysia. Meskipun unsur - unsur Angkatan Bersenjata Republik Indonesia telah disiapkan dalam operasi tersebut, namun operasi hanya sebatas pada operasi infiltrasi. Prajutir - prajurit ALRI dari kesatuan KKO-AL terlibat dalam tahap ini. Sementara unsur - unsur laut menggelar pameran bendera dalam rangka mengimbangi provokasi oleh kekuatan laut negara - negara sekutu. Operasi Dwikora tidak dilanjutkan seiring dengan suksesi pemerintahan di Indonesia pasca Pemberontakan G 30 S/PKI.

Sejak tahun 1966 Angkatan Laut Republik Indonesia yang kemudian disebut dengan TNI AL mengalami babak baru dalam perjalanan sejarahnya seiring dengan upaya integrasi ABRI. Dengan adanya integrasi ABRI secara organisatoris dan operasional telah mampu menyamakan langkah pada pelaksanaan tugas di bidang pertahanan dan keamanan sehingga secara doktrinal, arah pengembangan kekuatan dan kemampuan setiap angkatan menjadi terpusat. Kegiatan operasi yang menonjol pada kurun waktu 1970-an adalah Operasi Seroja dalam rangka integrasi Timor - Timur kepada RI. TNI AL berperan aktif dalam operasi pendaratan pasukan, operasi darat gabungan, dan pergeseran pasukan melalui laut.

Mulai dasawarsa 1980-an TNI AL melakukan langkah modernisasi peralatan tempurnya, kapal - kapal perang buatan Eropa Timur yang telah menjadi inti kekuatan TNI AL era 1960 dan 1970-an dinilai sudah tidak memenuhi tuntutan tugas TNI AL. Memburuknya hubungan Republik Indonesia - Soviet Union pasca pemerintahan Presiden Soekarno membuat terhentinya kerja sama militer kedua negara. Oleh karena itu TNI AL beralih mengadopsi teknologi Barat untuk memodernisasi kekuatan dan kemampuannya dengan membeli kapal - kapal perang dan peralatan tempur utama lainnya dari berbagai negara, di antaranya Korvet berpeluru kendali kelas 'Fatahillah' dari Belanda, Fregat berpeluru kendali klas 'Van Speijk' eks- AL Belanda, Kapal selam klas 209/1300 buatan Jerman Barat, Kapal tempur cepat berpeluru kendali klas'Patrol Ship Killer' buatan Korea Selatan, dan Pesawat Patroli Maritim 'Nomad-Searchmaster'eks-Angkatan Bersenjata Australia.

Pada saat yang sama TNI AL mengembangkan operasi bukan ketenteraan yang berupa operasi bakti kemanusiaan Surya Bhaskara Jaya di berbagai daerah terpencil di Indonesia yang hanya boleh dihubungi melalui laut. Operasi ini berbentuk kegiatan perkhidmatan kesihatan, pembangunan dan pembaik pulih pasarana umum, dan berbagai penerangan dalam bidang kesihatan, undang-undang, dan keselamatan negara. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun hingga sekarang. Sejumlah negara juga pernah menyertai dalam kegiatan tersebut antara lain Singapura, Australia dan Amerika Syarikat. TNI AL juga berupaya menggalakan pembangunan sektor kelautan jauh sebelum Departemen Kelautan terbentuk, khususnya yang berhubungan dengan aspek pertahanan dan keamanan di laut. Kegiatan - kegiatan nyata yang dilakukan TNI AL adalah mendirikan badan - badan pengkajian pembangunan kelautanbersama - sama dengan pemerintah dan swasta di beberapa daerah, program desa pesisir percontohan yangterangkum dalam Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir), dan program Pembinaan Potensi Nasional menjadi Kekuatan Maritim (Binpotnaskuatmar). Dalam rangka menggelorakan jiwa bahari bangsa, TNI AL menggelar event kelautan skala internasional yaitu Arung Samudera 1995 yang berupakan Lumba Kapal Layar Tiang Tinggi dan perahu layar. TNI AL juga menjadi pendukung utama dicanangkan Tahun Bahari 1996 dan Deklarasi Bunaken 1998 yang merupakan manifestasi pembangunan kelautan di Indonesia.

Selama dasawarsa 1990-an TNI AL mendapatkan penambahan kekuatan berupa kapal - kapal perang jenis korvet klas 'Parchim', kapal pendarat kereta kebal (LST) kelas 'Frosch', dan Penyapu Ranjau kelas Kondor. Penambahan kekuatan ini dinilai masih jauh dari keperluan dan tuntutan tugas, lebih - lebih pada masa krisis multidimensional ini yang menuntut peningkatan operasi namun perolehan dukungannya sangat terbatas. Reformasi dalaman TNI membawa pengaruh besar pada tuntutan peningkatan tugas TNI AL dalam bidang pertahanan dan keamanan di laut seperti penyusunan organisasi dan pengesahan Armada yang tersusun dalam flotila - flotila kapal perang sesuai dengan kesamaan fungsinya dan perkembangan organisasi Korps Marinir dengan pembentukan satuan setingkat division Pasukan Marinir-I di Surabaya dan setingkat Brigade berdiri sendiri di Jakarta. Pembentukan tersebut merupakan sebahagian dari tekad TNI AL menuju Hari Esok yang Lebih Baik.

Senarai kapal sunting

 
Prajurit Intai Para Amfibi (IPAM) Korps Marinir TNI AL atau yang saat ini dikenali sebagai Bataliun Intai Amfibi (Yon Taifib) sedang latihan menembak.

Diantara kapal-kapal milik tentera laut Indonesia adalah:-

Mengikut abjad sunting

  1. KRI Abdul Halim Perdanakusuma (355)
  2. KRI Ahmad Yani (351)
  3. KRI Ajak (653)
  4. KRI Arun (903)
  5. KRI Anakonda (868).
  6. KRI Badik
  7. KRI Cakra
  8. KRI Cut Nyak Dhien
  9. KRI Dewa Ruci
  10. KRI Fatahillah
  11. KRI Hasanuddin (333)
  12. KRI Hiu (804)
  13. KRI Imam Bonjol
  14. KRI Kerapu
  15. KRI Ki Hadjardewantoro
  16. KRI Ki Hajar Dewantara (364)
  17. KRI Kobra (867)
  18. KRI Layang (805)
  19. KRI Lemadang (806)
  20. KRI Malahayati
  21. KRI Mandau
  22. KRI Monginsidi
  23. KRI Multatuli
  24. KRI Nala (363)
  25. KRI Nanggala
  26. KRI Nuku (373)
  27. KRI Nusa Utara
  28. KRI Pasopati (410)
  29. KRI Pati Unus
  30. KRI Rencong-622
  31. KRI Samadikun
  32. KRI Sangkuriang
  33. KRI Sibarau
  34. KRI Siliman
  35. KRI Soputan
  36. KRI Sutedi
  37. KRI Sutanto (877)
  38. KRI Sura (801)
  39. KRI Tanjung Dalpele
  40. KRI Tanjung Kambani
  41. KRI Teluk Cirebon
  42. KRI Teluk Banten
  43. KRI Teluk Ende
  44. KRI Teluk Hading
  45. KRI Teluk Jakarta
  46. KRI Teluk Kau
  47. KRI Teluk Lampung
  48. KRI Teluk Langsa
  49. KRI Teluk Manado
  50. KRI Teluk Semangka
  51. KRI Teluk Tamboina
  52. KRI Teluk Sampit
  53. KRI Teluk Sibolga
  54. KRI Tenggiri
  55. KRI Teuku Umar
  56. KRI Tongkol
  57. KRI Untung Suropati
  58. KRI Wiratno
  59. KRI Yos Sudarso
  60. KRI Suluh Pari (809)
  61. KRI Katon (810)
  62. KRI Sanca (815)
  63. KRI Warakas (816)
  64. KRI Panana (817)
  65. KRI Kalakai (818)
  66. KRI Tedong Naga (819)

Mengikut nombor sunting

  1. Baruna Jaya I (IV-02)
  2. Baruna Jaya II (IV-03)
  3. Baruna Jaya III (IV-04)
  4. Baruna Jaya IV (IV-05)
  5. Baruna Jaya VIII (IV-06)
  6. KRI Dewaruci ()
  7. KRI Tanjung Oisina ()
  8. KRI Komoran ()
  9. KRI Bali Ii ()
  10. KRI Aru Ii ()
  11. KRI Sasuit Tubun ()
  12. KRI KS Tubun ()
  13. KRI Kambani ()
  14. KRI Patiunus ()
  15. KRI Nusa Niwe ()
  16. KRI Nurbaya ()
  17. KRI Arung Samudera (Arsa) ()
  18. KRI Mulawarman ()
  19. KRI Purnamarman ()
  20. KRI Gajah Mada ()
  21. KRI Syailendra ()
  22. KRI Ende ()
  23. KRI Cakra (209)
  24. KRI Silas Papare (211)
  25. KRI Tjut Nya Dhien (221)
  26. KRI Silas Papare (286)
  27. KRI Martha Kristina Tiyahahu (331)
  28. KRI Wilhelmus Zakaria Johannes (332)
    1. KRI Hasanuddin (333) Telah dinyahtauliahkan
    2. KRI Samadikun (341) Telah dinyahtauliahkan
  29. KRI Martadinata (342)
    1. KRI Mongisidi (343)
    2. KRI Robert Wolter Monginsidi 343 Telah dinyahtauliahkan
  30. KRI Ngurah (344)
    1. KRI Gusti Ngurah Rai (344) Bekas
  31. KRI Ahmad Yani (351)
  32. KRI Slamet Riyadi (352)
  33. KRI Yos Sudarso (353)
  34. KRI Oswald Sihaan (354)
  35. KRI Abdul Halim Perdanakasum (355)
  36. KRI Karel Satsuitubun (356)
  37. KRI Fatahilah (361)
  38. KRI Malahayati (362)
  39. KRI Nala (363)
  40. KRI Ki Hadjar Dewantara 1 (364)
  41. KRI Diponegoro [ditauliah Jul 07] (365)
  42. KRI Hasanuddin (366) [ditauliah Nov 07]
  43. KRI Sultan Iskandar Muda [ditauliah Sep 08] (367)
  44. KRI Frans Kaisiepo [ditauliah Mar 09] (368)
  45. KRI Kapitan Patimura (371)
  46. KRI Unting Suropati (372)
  47. KRI Nuku (373)
  48. KRI Lambung Mangkurat (374)
  49. KRI Tjut Nya Dhien (375)
  50. KRI Sultan Thaha Syaifuddin (376)
  51. KRI Sutanto (377)
  52. KRI Sutedi Senpoputra (378)
  53. KRI Wiratno (379)
  54. KRI Memet Sastrawiria (380)
  55. KRI Tjiptadi (381)
  56. KRI Hasan Basri (382)
  57. KRI Iman Bonjol (383)
  58. KRI Pati Unus (384)
  59. KRI Teuku Umar (385)
  60. KRI Silas Papare (386)
  61. KRI Cakra (401)
  62. KRI Nanggala (402)
  63. KRI Teluk Langsa (501)
  64. KRI Teluk Bayur (502)
  65. KRI Teluk Amboina (503)
  66. KRI Teluk Kau (504)
  67. KRI Teluk Tomini (508)
  68. KRI Makassar (509)
    1. KRI Teluk Ratai (Dinyahtauliah) (509)
  69. KRI Teluk Saleh (510)
  70. KRI Teluk Bone (511)
  71. KRI Teluk Semangka (512)
  72. KRI Teluk Penyu (513)
  73. KRI Teluk Mandar (514)
  74. KRI Teluk Sampit (515)
  75. KRI Teluk Banten (516)
  76. KRI Teluk Ende (517)
  77. KRI Teluk Gelimanuk (531)
  78. KRI Teluk Celukan Bawang (532)
  79. KRI Teluk Cendrawasih (533)
  80. KRI Teluk Berau (534)
  81. KRI Teluk Peleng (535)
  82. KRI Teluk Sibolga (536)
  83. KRI Teluk Manado (537)
  84. KRI Teluk Hading (538)
  85. KRI Teluk Parigi (539)
  86. KRI Teluk Lampung (540)
  87. KRI Teluk Jakarta (541)
  88. KRI Teluk Sangkulirang (542)
  89. KRI Teluk Sirebon (543)
  90. KRI Teluk Sabang (544)
  91. KRI Multatuli (561)
  92. KRI Nusa Utara (584)
  93. KRI Mandau (621)
  94. KRI Rencong (622)
  95. KRI Badik (623)
  96. KRI Keris (624)
  97. KRI Andau (650)
  98. KRI Singa (651)
  99. KRI Tongkak (652)
  100. KRI Ajak (653)
  101. KRI Pulau Ratewo (701)
    1. KRI Pulau Rani (701) Telah dinyahtauliahkan
  102. KRI Pulau Rengat (711)
  103. KRI Pulau Rupat (712)
  104. KRI Pulau Rote (721)
  105. KRI Pulau Raas (722)
  106. KRI Pulau Romang (723)
  107. KRI Pulau Rimau (724)
  108. KRI Pulau Rondo (725)
  109. KRI Pulau Rusa (726)
  110. KRI Pulau Rangsang (727)
  111. KRI Pulau Raibu (728)
  112. KRI Pulau Rempang (729)
  113. KRI Pandrong (801)
  114. KRI Sura (802)
  115. KRI Todak (803)
  116. KRI Hiu (804)
  117. KRI Layang (805)
  118. KRI Lemadang (806)
  119. KRI Boa (807)
  120. KRI Welang (808)
  121. KRI Suluh Pari (809)
  122. KRI Katon (810)
  123. KRI Kakap (811)
  124. KRI Kerapu (812)
  125. KRI Tongkol (813)
  126. KRI Barakuda (814)
  127. KRI Sanca (815)
  128. KRI Warakas (816)
  129. KRI Panana (817)
  130. KRI Kalakae (818)
  131. KRI Tedong Naga (819)
  132. KRI Viper (820) (Sejak 19 Oktober 2006)
  133. KRI Piton (821) (Sejak 19 Oktober 2006)
  134. KRI Weling (822) (Sejak 19 Oktober 2006)
  135. KRI Sibaru (847)
  136. KRI Suliman (848)
  137. KRI Sigalu (857)
  138. KRI Silea (858)
  139. KRI Siribua (859)
  140. KRI Waigeo (861)
  141. KRI Siada (862)
  142. KRI Sikuda (863)
  143. KRI Sigurot (864)
  144. KRI Tenggiri (865)
  145. KRI Cucut (866)
  146. KRI Kobra (867)
  147. KRI Anakonda (868)
  148. KRI Patola (869)
  149. KRI Tali Wangsa (870)
  150. KRI Untung Surapati (872)
  151. KRI Nuku (873)
  152. KRI Sutanto (877)
  153. KRI Sutedi Senaputra (878)
  154. KRI Wiratno (879)
  155. KRI Tjiptadi (881)
  156. KRI Balikpapan (901)
  157. KRI Sambu (902)
  158. KRI Arun (903)
  159. KRI Sungai Gerong (906)
  160. KRI Sorong (911)
  161. KRI Jaya Wijaya (921) Telah dinyahtauliahkan
    1. KRI Rakata (922) Telah dinyahtauliahkan
  162. KRI Soputan (923)
  163. KRI Leuser (924)
  164. KRI Burudjulasad (931)
  165. KRI Dewa Kembar (932)
  166. KRI Jalanidhi (933)
  167. KRI Teluk Mentawi (959)
  168. KRI Karamaja (960)
  169. KRI Wagio (961)
  170. KRI Tanjung Kambani (971)
  171. KRI Tanjung Dalpele (972)
  172. KRI Tanjung Nusanive (973)
  173. KRI Tanjung Fatagar (ex KM Rinjani) (974)
  174. KRI Karang Pilang (981)
  175. KRI Karang Tekok (982)
  176. KRI Karang Banteng (983)
  177. KRI Karang Unarang (985)
  178. KRI Karang Galang (984)
  179. KRI Karang Unarang (ex KFC Barito) (985)

Rujukan sunting

  1. ^ "TNI AD Takkan Tambah Personel Tahun Ini". Investor Daily Indonesia. 25 Januari 2012. Dicapai pada 3 Januari 2014.
  2. ^ "Military Strength of Indonesia". GlobalFirepower.com. Dicapai pada 3 Januari 2014.
  3. ^ Rivki (31 Desember 2014). "Jokowi Lantik Laksamana Madya Ade Supandi Menjadi KSAL". Detik.com. Dicapai pada 2 Januari 2015. Check date values in: |date= (bantuan)CS1 maint: uses authors parameter (link)

Pautan luar sunting