Togarmah (Ibrani: תּוגרמה, Togarmah; Armenia: Թորգոմ/T’orgom ; Georgia: თარგამოს/T’argamos) adalah salah seorang anak Gomer, cucu dari Japheth. Menurut kepercayaan setempat, Togarmah menurunkan bangsa Turkik. Seperti yang diungkapkan oleh Raja Joseph salah seorang Raja dari bangsa Khazar:

"Ketahuilah bahawa kami adalah keturunan dari Japheth, dari keturunan Togarmah. Aku memiliki sebuah buku salasilah yang menceritakan hal itu. Menurut salasilah itu moyang kita memiliki 10 orang anak iaitu Ujur (yang menurunkan bangsa Uygur), Tauris (yang menurunkan bangsa Tauris), Avar (menurunkan bangsa Avar), Uauz (menurunkan bangsa Oghuz), Bizal, Tarna, Khazar, Janur, Bulgar (menurunkan bangsa Bulgar) dan Sawir (menurunkan bangsa Sabir)." (mereka inilah yang menjadi suku bangsa yang mendiami Areal sekitar Laut Hitam dan Laut Kaspia).

Dalam Kitab Yehezkiel (27:14, 38:6), keturunan Togarmah adalah menunjukkan kepada bangsa Armenia atau Cimmerian. Bulgar (Bolgar atau proto-Bulgaria) adalah orang Turkik yang mendiami Asia Tengah.

Menurut cerita tradisional dari bangsa Armenia dan Georgia, keduanya dan beberapa dari rakyat Caucasus adalah keturunan dari Togarmah (Armenia: Thorgom, Թորգոմ; Georgia: Thargamos, თარგამოს). Dimana Togarmah ini memiliki 2 anak iaitu Hayq yang menurunkan bangsa Armenia dan Kartlos yang menurunkan bangsa Georgia (Kartli/Sakartvelo).