Cibatu, Cikarang Selatan

Desa Cibatu merupakan sebuah Desa di Kecamatan Cikarang selatan Kabupaten Bekasi Jawa barat. Saat ini Desa Cibatu dipimpin oleh seorang Lurah Desa yaitu saat ini Bapak Ranta S.Pd

Cibatu
Desa
Peta Indonesia.
Peta Indonesia.
Bendera Cibatu
Mohor rasmi Cibatu
Cogan kata: "Bhinneka Tunggal Ika"  (Bahasa Jawa Kuno)
"Bersatu dalam kepelbagaian"

Ideologi: Pancasila
Lagu: Indonesia Raya
Fail:Indonesiaraya.ogg
CountryIndonesia Indonesia
Wilayah/Provinsi
Jawa Barat
Jawa Barat
Jawa Barat
KabupatenFail:Lambang Bekasi.png Bekasi
Kecamatan (Daerah)Cikarang Selatan
DesaCibatu
Pentadbiran
 • JenisRepublik
 • PresidenJoko Widodo
 • Naib PresidenMa'ruf Amin
Penduduk
 ()
 • Celik huruf
( lelaki perempuan)
 • Pecahan menurut jantina
% lelaki dan  % perempuan
Zon waktuGMT
 • Musim panas (DST)GMT
Poskod
17530

Sejarah Desa Cibatu adalah merupakan pemekaran dari Desa Sukaresmi dikarenakan luas wilayah dan semakin padatnya penduduk demi untuk memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat maka Desa Cibatu dimekarkanlah menjadi dua desa yaitu Sukaresmi.

Desa Cibatu memiliki luas wilayah 1200 Ha yang terdiri dari tanah pesawahan seluas 400 Ha dan tanah darat seluas 800 Ha. Bentuk permukaan tanah wilayah desa cibatu adalah berupa tanah darat sebesar 75% dan perbukitan rendah sebesar 15% dan tanah persawahan 10%. Sementara ketinggian suhu udara diwilayah ini berkisar antara 22 dc sampai dengan 32 dc dengar rata rata berkisar sekitar 28 dc dengan curah hujan rata rata sekitar 1.684 Mm pertahun. Secara geografis batas batas wilayah desa cibatu dapat disampaikan sebagai berikut:

- Sebelah utara dan timur berbatasan dengan desa jaya mukti,

- sebelah selatan dengan desa serang/ cicau dan;

- sebelah barat dengan desa pasir sari

Desa cibatu terdiri dari lima (5) dusun dan enam (6) Rukun Warga serta Lima puluh dua (52) Rukun Tetangga. Sementara jumlah penduduk desa cibatu saat ini kira kira mencapai 17.930 jiwa dengan rincian laki laki sebanyak 8. 755 jiwa dan perempuan sebanyak 9.743 jiwa dari 4.743 KK (kepala keluarga). Dari jumlah penduduk tersebut jumlah perempuan jauh lebih banyak daripada laki laki. Mata pencaharian penduduk desa cibatu. Sebagian besar adalah petani dan buruh, namun yang menempati perumahan/komplek dan kontrakan mereka pada umumnya banyak yang bekerja sebagai karyawan/buruh pabrik, diperdagangan (pasar) dan lain sebagainya. Disamping itu didesa cibatu juga terdapat beberapa usaha kecil dan menengah (UKM) yang bergerak dibidang Catering, Minimarket, dan usaha usaha perbengkelan lainnya yang tentu memberi lapangan pekerjaan juga terhadap warga khususnya warga desa cibatu.

Seiring dengan semakin berkembangnya daerah ini dengan banyaknya Industri - industri tak luput Desa Cibatu. Menjadi basis pembangunan Perumahan dan Pabrik skala menengah dan Internasionl.

Di Desa Cibatu terdapat komplek perumahan yang diantaranya:

1. Meadow Green

2. Dago Villa/Villas

3. Taman Beverlly

4. Taman Simpruk/ Sriwijaya

5. Taman Cibiru/ Cibodas dan

6. DII

Dari segi geografis tersebut Desa Cibatu merupakan wilayah yang cukup strategis dilingkungan Cikarang selatan karena berada  Dari segi geografis tersebut Desa Cibatu merupakan wilayah yang cukup strategis dilingkungan Cikarang selatan karena berada sangat dekat dengan tiga

(3) Kawasan Industri besar seperti Lippo Cikarang/BIIE dan Jababeka serta Delta Mas, sehingga sangat banyak para pekerja diketiga kawasan industri tersebut yang tinggal didesa cibatu, sedangkan jarak Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi dari Desa Cibatu juga tidak terlalu jauh hanya dikarekan jalan yang memutar saja untuk menempuh pusat pemerintahan kabupaten bekasi kira-kra sekitar 5 kilometer.

Fasilitas Umum di Desa Cibatu

A. Pendidikan:

1. Pendidikan Usia Dini (PAUD)

2. Taman Kanak Kanak (TK)

3. Sekolah Dasar

4. Madrasyah Itftidaiyah

5. SMPN Ciksel 04

6. SMA

7. Universitas Pelita Bangsa

B. Ibadah :

1. Mesjid

2. Gereja



Editor : Komunitas Korak Cikarang

Poskod sunting

Poskod yang digunakan di Cibatu adalah 17530. Terdapat buah desa di dalam daerah kecamatan Cikarang Selatan.

Rujukan sunting

Pautan luar sunting