Louis XVII dari Perancis: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
ChempakaBot (bincang | sumb.)
k Bot: Penggantian teks otomatis (-[[Category: +[[Kategori:)
Xqbot (bincang | sumb.)
k bot mengubah: bs:Luj XVII; perubahan kosmetik
Baris 1:
[[ImageFail:Louis Charles of France6.jpg|thumb|right|160px|Foto potret Louis XVII tahun [[1792]] karya [[Alexander Kucharski]]]]
'''Louis XVII dari Perancis''' ([[27 Mac]] [[1785]] - [[8 Jun]] [[1795]]) adalah putra Raja [[Louis XVI dari Perancis]] dan [[Marie Antoinette]], namun tidak pernah benar-benar menjadi [[Raja Perancis]].
 
Pada masa [[Revolusi Perancis]], Raja Louis dipenjarakan bersama dengan ayah bondanya. Sebagai putera tertua yang masih hidup, dia dinyatakan sebagai Raja Perancis pada [[28 Januari]] [[1793]] oleh pamannya Louis-Stanislas-Xavier, yang sendiri dalam pengasingan di [[Hamm]], dekat [[Dortmund]], [[Jerman]]. Pernyataan tersebut tidak mempunyai kekuasaan karena [[Perancis]] saat itu merupakan sebuah [[republik]]. Tetapi saat Perancis dan Eropa menerima Louis-Stanislas-Xavier sebagai [[Louis XVIII dari Perancis]] pada tahun 1815, pemberian angkanya menunjukkan diakuinya hak-hak Louis XVII.
 
Saat kerabat diraja dipenjarakan, Louis XVII dipisahkan dari ibunya dan saudara-saudaranya pada musim panas tahun [[1793]] untuk menghindarkan upaya pembebasan yang dilakukan pendukung kerajaan. Dia meninggal sendirian pada Jun 1795 di penjaranya. Secara rasmi dia dilaporkan meninggal akibat penyakit yang kini dikenal sebagai [[tuberkulosis]]. Sesuai tradisi kerajaan, jantungnya dikeluarkan oleh doktor dan diawetkan dalam [[alkohol]]. Tubuhnya dikuburkan dalam pemakaman umum.
Baris 12:
 
{{raja Perancis}}
 
 
[[Kategori:Kelahiran 1785|Louis 17]]
Baris 20 ⟶ 19:
[[ar:لويس السابع عشر]]
[[id:Louis XVII dari Perancis]]
[[bs:Luj XVII Francuski]]
[[br:Loeiz XVII (Bro-C'hall)]]
[[bg:Луи XVII]]