Simetri: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Jufert (bincang | sumb.)
Tiada ringkasan suntingan
Jufert (bincang | sumb.)
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
[[Image:600px-Sphere symmetry group o.png|thumb|200px|Simetri [[sfera]] kelompok o.]]
'''Simetri''' merupakan sebuah cirian daridalam bidang [[geometri]], persamaan dan objek lainnya. Kita dapat katakan bahwa objek yang simetri akan mematuhi [[operasi simetri]], ketika diperlakukan ke objek tidak akan muncul perubahan.
 
==Jenis simetri==
Baris 9:
*[[Terjemahan (matematik)|Terjemahan]] adalah operasi mengubahkan objek dari satu daerah ke daerah lain dengan sebuah vektor. Simetri-simetri yang lebih rumit merupakan pencampuran dari operasi-operasi ini. Simetri banyak dipakai dalam berbagai disiplin pengetahuan seperti geometri, matematik, fisika, biologi, kimia, seni dan sebagainya.
 
Meskipun ada dua objek dengan kemiripan yang tinggi muncul bersamaan, keduanya harusnya berbedaberbeza. Contohnya, jika putaran sebuah segitiga sama sisi terhadap pusatnya sebesar 120 derajatdarjah, segitiga tersebut akan muncul mirip seperti sebelum dilakukan putaran. Dalam [[Geometri Euklidean]], putaran tersebut mengakibatkan perubahan yang tidak dikenali. Pada kenyataannya, tiap sudut pada segitigasegi tiga sama sisi yang dijadikan model molekul akan memunculkan perilaku simetri yang berlainan.
 
==Simetri dalam geometri==
Baris 16:
Jenis simetri yang paling umum adalah simetri kiri-kanan atau gambar cermin yang dilambangkan dengan T:. lambang ini digunakan untuk merefleksikan sepanjang sumbu vertikal.
 
SegitigaSegi tiga sama sisi menunjukkan simetri mencerminkan sebanyak tiga sumbu, dan sebuah simetri putaran. Jika segitigasegi tiga ini diputarkan terhadap pusat segitigasegi tiga sebesar 120 atau 240 derajatdarjah tidak akan menunjukkan perubahan. Objek yang hanya menunjukkan perilaku simetri putaran tapi tidak memiliki simetri refleksi adalah swastika.
 
Contoh simetri translasi adalah:
Baris 36:
(kemiripan diperoleh dengan menggeser tiga posisi ke kanan, atau satu baris ke bawah dan dua posisi ke kanan; hingga diperoleh kesamaan untuk tiga baris ke bawah).
 
Pada kedua kasuskes diatasdi atas adalah bukan simetri gambar-cermin maupun simetri putar.
 
Felix Klein, ahli geometri Jerman, memberikan pernyataan yang sangat berpengaruh dalam Erlangen programme di tahun 1872, simetri sebagai gabungan dan pertubuhan prinsip dalam geometri. Ini memunculkan perhatian baru kelompok (matematik) dalam geometri dan slogan pengubahan geometri (salah satu aspek pada Matematika baru, tapi sangat kontroversi di amalan matematik moden).
 
Sebuah [[fraktal]], seperti yang dikonsepkan Mandelbrot, yang memiliki simetri termasuk memiliki skala. Contohnya, sebuah segitigasegi tiga sama sisi dapat menyusut dengan ukuran satu per tiga dari asalnya sebanyak tiga buah. SegitigaSegi tiga yang lebih kecil ini dapat dikitar di pusat garis dari segitigasegi tiga yang lebih besar dan ditranslasi hingga mereka berhimpitan. Segitiga yang lebih kecil dapat mengulang proses tersebut, menghasilkan segitiga yang lebih kecil sisi-sisinya. Stuktur ke dalam segitiga dapat diciptakan dengan mengulang skala operasi simetri beberapa kali.
 
==Simetri dalam matematik==
Sebuah contoh dari matematik yang menyatakan simetri adalah ''a<sup>2</sup>c + 3ab + b<sup>2</sup>c''. Jika ''a'' dan ''b'' diubah, penyataan menunjukkan tiada perubahan pada sifat berkomunikasi untuk perjumlahan dan pendaraban.
 
Dalam matematik, suatu kajian simetri daridaripada objek dengan mengumpulkan semua operasi yang mengakibatkan objek tidak berubah. Operasi-operasi ini membentuk grupkumpulan. Untuk objek geometri, diketahui sebagai kelompok simetri; untuk objek [[algebra]], digunakan istilah grupkumpulan automorphismautomorfisme.
 
Ternyatanya, pada akhir abad 20, grupkumpulan merupakan sinonim dari transformasi kelompok (con: aksi kelompok). Hanya selama awal abad 20 sahaja mentakrifkan grupkumpulan tanpa merujukkan aksi grupkumpulan.
 
==Simetri dalam logik==
Sebuah hubungan diadicdiadik R adalah simetri jika dan jika, ketika benar untuk ''Rab'', benar untuk ''Rba''. Kata-kata seumur dengan adalah simetri, untuk jika Paul seumur dengan Mary, maka Mary seumur dengan Paul.
 
==Pengitlakan simetri==