Mohammad Hasyim Ashari: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
TottyBot (bincang | sumb.)
k bot menambah: id:Hasyim Asy'arie
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
[[Imej:Hasyim Asy'arie.jpg|thumb|220px|'''Hasyim Asy'arie''']]
Kiai Haji Mohammad Hasyim Ashari (bahagian belakangnya juga sering dieja Asy'ari atau Asy'arie) dilahirkan pada 10 [[April]] 1875 bersamaan dengan 24 [[Dzulkaedah]] 1287 Hijrah dan meninggal dunia pada 25 Julai 1947.Beliau dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang.Beliau adalah pengasas [[Nahdlatul Ulama]], organisasi massa [[Islam]] yang terbesar di [[Indonesia]].
 
Kiai'''Kyai Haji Mohammad Hasyim AshariAsy'arie''' (bahagian belakangnyaAsy'arie juga sering dieja sebagai '''Asy'ari''' atau Asy'arie''Ashari''') dilahirkan pada 10 ([[10 April]] 1875 bersamaan dengan 24 [[Dzulkaedah1875]] 1287 Hijrah dan meninggal dunia pada- [[25 Julai]] [[1947.Beliau dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang.Beliau]] adalahialah pengasas [[Nahdlatul Ulama]], organisasi massa [[Islam]] yang terbesar di [[Indonesia]].
KH Hasyim Ashari adalah putera ketiga dari 11 adik-beradik. Ayahnya bernama Kyai Ashari, pemimpin Pesantren Keras yang berada di sebelah selatan Jombang. Ibunya bernama Halimah yang berketurunan Jaka Tingkir (Sultan Pajang).
 
KH Hasyim Ashari belajar asas-asas agama dari ayah dan abangnya, Kyai Utsman yang juga pemimpin Pesantren Nggedang di Jombang. Sejak usia 15 tahun, beliau merantau menimba ilmu di berbagai-bagai pesantren, antara lain Pesantren Wonokoyo di Probolinggo, Pesantren Langitan di Tuban, Pesantren Trenggilis di [[Semarang]], Pesantren Kademangan di Bangkalan dan Pesantren Siwalan di Sidoarjo.
 
==Keluarga==
Pada tahun 1892, KH Hasyim Ashari pergi menimba ilmu ke Mekah, dan berguru pada [[Syeh Ahmad Khatib]] dan [[Syekh Mahfudh at-Tarmisi]].Pada tahun 1899, sepulangnya dari Mekah, KH Hasyim Ashari mendirikan Pesantren Tebu Ireng, yang kemudiannya menjadi pesantren terbesar dan terpenting di [[Jawa]] pada abad 20.
Dilahirkan di [[Jombang]], KH Hasyim AshariAsyari adalah puteraanak lelaki ketiga dariantara 11 orang adik-beradik. Ayahnya yang bernama Kyai AshariAsyari, merupakan pemimpin Pesantren[[Sekolah Agama Berasrama Keras]] yang beradaterletak di sebelah selatan [[Jombang.]], Ibunyamanakala ibunya bernama Halimah. yangBeliau merupakan keturunan kelapan sebelah ibu berketurunankepada [[Jaka Tingkir]] (Sultan Pajang).
 
Yang berikut ialah salasilah lengkapnya:
# Ainul Yaqin ([[Sunan Giri]]),
# Abdurrohman ([[Jaka Tingkir]]),
# Abdul Halim (Pangeran [[Benawa]]),
# Abdurrohman (Pangeran [[Samhud Bagda]]),
# Abdul Halim
# Abdul Wahid
# Abu Sarwan
# KH. Asy'ari (Jombang),
# KH. Hasyim Asy'ari (Jombang)
 
==Pendidikan==
KH Hasyim AshariAsyari belajar asasdasar-asasdasar agama daridaripada ayah danserta abangnyadatuknya, Kyai Utsman, yang juga pemimpin Pesantren[[Sekolah Agama Berasrama Nggedang]] di Jombang. Sejak usia 15 tahun, beliau merantauberkelana menimba ilmu di berbagai-bagai pesantren[[sekolah agama berasrama]], antaraantaranya lain[[Sekolah PesantrenAgama Berasrama Wonokoyo]] di [[Probolinggo]], Pesantren[[Sekolah Agama Berasrama Langitan]] di [[Tuban]], Pesantren[[Sekolah Agama Berasrama Trenggilis]] di [[Semarang]], Pesantren[[Sekolah Agama Berasrama Kademangan]] di [[Bangkalan]], dan Pesantren[[Sekolah SiwalanAgama BerasramaSiwalan]] di [[Sidoarjo]].
 
Pada tahun [[1892]], KH Hasyim Asyari pergi menimba ilmu ke [[Mekah]], dan belajar di bawah [[Syeh Ahmad Khatib]] dan [[Syekh Mahfudh at-Tarmisi]].
 
==Perjuangan==
Pada tahun [[1899]], sepulangnya dari [[Mekah]], KH Hasyim Asyari mengasaskan [[Sekolah Agama Berasrama Tebu Ireng]], yang kemudian menjadi sekolah agama berasrama yang terbesar dan terpenting di [[Jawa]] pada [[abad ke-20]].
 
Pada tahun [[1926]], Hasyim Asyari menjadi salah satu pengasas [[Nadhlatul Ulama]] (NU), yang bertujuan untuk membangkit kaum [[ulama]].
 
Hasyim Asyari meninggal dunia pada tahun [[1947]] dan dikebumikan di Tebu Ireng, Jombang.
 
==Lihat juga==
* [[Wahid Hasjim]]
* [[Abdurrahman Wahid]]
 
[[Kategori:Tokoh Nahdlatul Ulama]]
[[Kategori:Kelahiran 1875]]
[[Kategori:Kematian 1947]]
 
[[id:Hasyim Asy'arie]]