Seni mempertahankan diri dari Cina: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Aurora (bincang | sumb.)
Aurora (bincang | sumb.)
Baris 22:
Disebabkan sejarah seni bela diri Cina disampaikan secara lisan dan jarang sekali bertulis, maka kebanyakan sejarah awal Hung Ga sukar dipastikan atau ditahkikkan oleh catatan bertulis.
 
=== SejarahTai Chi Chuan ===
[[Fail:Taichi shanghai bund 2005.jpg|thumb|Gaya Yang [[Tai Chi Chuan|taijiquan]] diamalkan di [[Shanghai]]]]
Pendiri gaya Yang Yang Lu-Ch'an (1799-1872), yang belajar di bawah Chang-Hsing Ch'en dimulai pada 1820. Yang menjadi guru yang di kenal dengan gayanya sendiri, dan berikutnya tai chi chuan yang menjadi dikenal sebagai gaya Yang. Lu-Ch'an yang dikenal dengan pesilat yang menonjol diundang oleh dan disewa oleh keluarga Kekaisaran Cina untuk mengajarkan tai chi chuan ke Istana posisinya Pengawal Elit Batalyon Kerajaan, yang dipegangnya hingga kematiannya.
[[Tai- Chi Chuan]] merupakan rangkaian gerakan yang memutar dan merefleksikan hukum mikrokosmismikrokosmik. Tai-Chi mengungkap prinsip-prinsip kosmiskosmik (hukum alam) yaituiaitu gerakan melingkar yang kemudian menjadi simbol dari Tai-Chi, karenakerana gerakan melingkar atau berputar adalah gerakan yang dinamisdinamik dan menghindari titik akhir (puncak), karenakerana puncak itu adalah titik akhir dari pertumbuhan sekaligus peringkat awal dari kemerosotan.
Pada saat ini, gaya Yang tampaknya yang paling populer di seluruh dunia, dan merupakan kembangan dari Cucunya Yang Ch'eng-fu.. Ch'eng-fu menghilangkan Fa-jing keras dari Tangan Formulir, serta melompat energik, stamping, dan gerakan tiba-tiba lain untuk menekankan gaya bingkai besar.
 
Pada saat ini, gaya Yang tampaknya yang paling popular di seluruh dunia.
Tai-Chi merupakan rangkaian gerakan yang memutar dan merefleksikan hukum mikrokosmis. Tai-Chi mengungkap prinsip-prinsip kosmis (hukum alam) yaitu gerakan melingkar yang kemudian menjadi simbol dari Tai-Chi, karena gerakan melingkar atau berputar adalah gerakan yang dinamis dan menghindari titik akhir (puncak), karena puncak itu adalah titik akhir dari pertumbuhan sekaligus awal dari kemerosotan.
Pendiri gaya Yang [[Yang Lu-Chch'an]] (1799-1872), yang belajar di bawah Chang-Hsing Ch'en dimulai pada 1820. Yang menjadi guru yang di kenaldikenal dengan gayanya sendiri, dan berikutnya taigaya chi[[Tai chuanChi yangChuan]] menjadibeliau dikenaldikenali sebagai gaya Yang. Lu-Ch'an yang dikenal dengan pesilat yang menonjol diundang oleh dan disewa oleh keluarga KekaisaranMaharaja Cina untuk mengajarkan tai chi chuan kekepada Batalion Istana posisinya Pengawal Elit Batalyon KerajaanDiraja, jawatan yang dipegangnya hingga kematiannya.<ref>{{cite web |title=Yang Family Tai Chi Chuan Association |url=http://www.yangfamilytaichi.com/yang/history |accessdate=24 Disember 2009}}</ref>
 
=== <big>Jeet Kune Do</big> ===
 
 
=== <big>Jeet Kune Do</big> ===
== Sejarah ==
Kisah tentang bagaimana ia datang untuk mengembangkan teknik tersebut bermula pada tahun 1964 ketika Bruce mengajar seni bela diri tradisional China chun sayap di sekolahnya di Oakland, California. Bay Area pengajar kung fu, Bruce tidak senang bahawa mengajar pelajar non-China, yang dihantar Wong J. Man dari Hong Kong ke Oakland dengan ultimatum: sekolah menutup atau membuang ke bawah. Tantangan, tentu saja, bertemu di sana di tempat, dan dua berhadapan, tapi pertarungan yang Bruce merasa seharusnya berlangsung selama lebih cepat sebuah menyeksa tiga minit. Dia menyedari bahawa walaupun beliau telah berjaya ditiadakan penantang, seni tradisional tidak seefektif ia ingin mereka berada dalam situasi nyata.