Rasa Sayang: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Zack2007 (bincang | sumb.)
k Rasa Sayang-Sayange dipindahkan ke Rasa Sayang: dikenali di malaysia
Zack2007 (bincang | sumb.)
sila perbetulkan dan neutralkan bahasa
Baris 1:
'''Rasa SayangeSayang''' atau '''Rasa Sayang-Sayange''' merupakan lagu rakyat dari [[Maluku]], [[Indonesia]]. Lagu ini merupakan lagu rakyat yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu untuk mengungkapkan rasa sayang mereka terhadap lingkungan dan sosialisasi di antara masyarakat Maluku. Lagu ini kemudian menyebartersebar ke seluruh Nusantara, dan diajarkan kekepada anakkanak-anakkanak di [[Sekolah DasarRendah]] dan [[Taman Kanak-Kanaktadika]]. Lagu ini dibawa ke [[Malaysia]] oleh pengajar-pengajarpendidik Indonesia yang mengajar di Malaysia. AwalnyaPada mulanya mereka menyanyikan lagu ini sebagai ungkapan atau ekspresi kerinduan terhadap kampung halaman mereka di Indonesia. Namun ternyata lagu ini juga menjadi populerpopular di Malaysia. BeberapaTerdapat sebilangan orang-orang SpanyolSepanyol yang berkuasamemerintah di Indonesia juga turut menyanyikan lagu itu di Malaysia, menjadikan lagu itu juga menjadi lagu rakyat yang terkenal di Malaysia. JikaApabila didengarkandimainkan, lagu ini layaknyadibentukkan seperti [[sajak]] atau [[pantun]] yang bersahutan. OlehLagu karenanyaini mempunyai banyak versi dari lagu ini karenakerana liriknya dapat dibuat sendiri sesuaiberikutan maksud dan tujuan dariyang laguingin tersebutdiajukan. NamunWalaupun daribegitu, liriknya tetapsentiasa diawalidimulakan olehdengan kalimatfrasa ''Rasaserupa sayange rasa sayang sayange, Eeee lihat dari jauh rasa sayang sayange'' dan diakhir laguseperti ini liriknya"Rasa selaluSayang diakhiriEh, denganRasa kalimatSayang ''Kalau ada sumur diSayang ladangEh, bolehEh kitaLihat menumpangNona mandi...Jauh, KalauRasa adaSayang umurkuSayang panjang,Eh" boleh(Versi kitaBahasa berjumpa lagi''Malaysia).
 
==Kontroversi==
Lagu ini digunakan oleh departemenKementerian PariwisataPelancongan [[Malaysia]] untuk mempromosikan kepariwisataan Malaysia, yang dirilisdikeluarkan sekitar bulan [[Oktober 2007]]. Sementara Menteri PariwisataPelancongan Malaysia Adnan Tengku Mansor mengatakanmendakwa bahwabahawa lagu Rasa SayangeSayang merupakan lagu kepulauan Nusantara <ref>[http://www.antara.co.id/arc/2007/10/3/malaysia-akan-terus-gunakan-rasa-sayange-bagi-kampanye-pariwisata/ Malaysia Akan Terus Gunakan "Rasa Sayange" Bagi Kampanye Pariwisata, antara.co.id] diambil 2007-10-05.</ref>, GubernurGabenor Maluku Karel Albert Ralahalu bersikeraspula laguberkeras bahawalagu "Rasa Sayange" adalah milik Indonesia, karenakerana merupakan lagu rakyat yang telah membudaya di provinsi iniitu sejak leluhurlama dahulu, sehinggadan klaimmendakwa Malaysia itu hanya mengada-adaadakan kisah itu.<ref>[http://www.antara.co.id/arc/2007/10/3/gubernur-maluku-bersikeras-lagu-rasa-sayange-milik-indonesia/ Gubernur Maluku Bersikeras Lagu "Rasa Sayange" Milik Indonesia, antara.co.id] diambil 2007-10-05.</ref> Gubernur berusaha untuk mengumpulkan bukti otentik bahwa lagu Rasa Sayange merupakan lagu rakyat Maluku, dan setelah bukti tersebut terkumpul, akan diberikan kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. Menteri Pariwisata Malaysia [[Adnan Tengku Mansor]] menyatakan bahwa rakyat Indonesia tidak bisa membuktikan bahwa lagu Rasa Sayange merupakan lagu rakyat Indonesia. Bagaimanapun, bukti tersebut akhirnya ditemukan. 'Rasa Sayange' diketahui direkam pertama kali di [[Lokananta]], [[Solo]], Indonesia, tahun [[1958]]. <ref>[http://www.kompas.com/ver1/Hiburan/0710/09/162051.htm Kompas Cybermedia: Lagu Rasa Sayange Direkam di Lokananta] diambil 2007-11-02.</ref> Pada tanggal 11 November 2007, Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia, [[Rais Yatim]], mengakui bahwa Rasa Sayange adalah milik Indonesia <ref>[http://www.banjarmasinpost.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=6974&Itemid=1 Malaysia Akui Rasa Sayange Milik Indonesia, Banjarmasin Post], diambil 2007-11-14.</ref>. Namun, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa Malaysia menyebutkan bahwa mereka mengakui bahwa Rasa Sayange adalah milik bersama, maksudnya warisan milik bersama bangsa [[Melayu]], antara Indonesia dan Malaysia<ref>[http://www.antara.co.id/arc/2007/11/11/malaysia-akhirnya-akui-rasa-sayange-sebagai-milik-bersama/ Malaysia Akhirnya Akui "Rasa Sayange" Sebagai Milik Bersama, antara.co.id], diambil 2007-11-14.</ref>.
 
Tentang bukti rekaman "Rasa Sayange", bukti lagu tersebut direkam oleh [[PT Lokananta]], Solo, Indonesia pada tanggal [[15 AgustusOgos]] 1958 dalam [[piringan hitam]] [[Gramophone]]. Rekaman master dari piringan ini masih disimpan oleh PT Lokananta. Ini dikenal sebagai rekaman pertama terhadap lagu ini. Piringan hitam tersebut didistribusikan sebagai souvenir kepada partisipan Asian Games ke 4 tahun 1962 di Jakarta, dan lagu "Rasa Sayange" adalah salah satu lagu rakyat Indonesia di piringan tersebut, bersama dengan lagu [[etnis]] lain Indonesia seperti [[Sorak-sorak Bergembira]], [[O Ina ni Keke]], dan [[Sengko Dainang]].
 
==Lirik==