Sandwic: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
'''Sandwich''' atau '''roti lapisSandwic''' adalah [[makanan]] berupa dua potong [[roti]] yang menjepitmenyepit [[daging]], [[sayuran]], [[keju]] atau berbagaiperasa teman makan roti dan biasanya diberi [[bumbu]]makanan atau [[saussos]] sehingga rasanya menjadi lebih enak. BerbagaiPelbagai jenis roti bisabaoleh digunakan untuk sandwichmembuat sandwic dan bergantung pada isi,isinya. permukaanPermukaan roti biasanya diolesdisapu sedikit [[mayonesmayonis]], [[mentega]], [[margarinmarjerin]] atau [[minyak zaitun]] yang berfungsi sebagai perekatpelekat dan penambah aromabau. Sandwic juga dikenali sebagai roti lapis di Indonesia.
 
Di negara denganbukan penduduk yang bukanmakanan pemakanasasinya [[nasi]], sandwichsandwic biasanya dibawa ke sekolah atau ke kantorpejabat di dalam kotak yang disebut ''lunchbox'' atau di dalam kantong kertas berwarna coklat yang disebut ''brown bag'' (''sandwich bag'') untuk dinikmati sebagai [[makan siangtengah hari]].
'''Sandwich''' atau '''roti lapis''' adalah [[makanan]] berupa dua potong [[roti]] yang menjepit [[daging]], [[sayuran]], [[keju]] atau berbagai teman makan roti dan biasanya diberi [[bumbu]] atau [[saus]] sehingga rasanya menjadi lebih enak. Berbagai jenis roti bisa digunakan untuk sandwich dan bergantung pada isi, permukaan roti biasanya dioles sedikit [[mayones]], [[mentega]], [[margarin]] atau [[minyak zaitun]] yang berfungsi sebagai perekat dan penambah aroma.
 
SandwichSandwic juga dibawa sebagai makanan praktis sewaktu [[piknik]]berkhemah, mendaki gunung atau sekadar jalan-jalan. Di rumah, sandwichsandwic dinikmati sebagai [[cemilan]] atau pelengkap makanan utama. Jika dimakan di rumah sebagai makanan utama, sandwich biasanya ditemani oleh makanan pendamping seperti sup (''soup-and-sandwich''), seladadaun salad (''salad-and-sandwich''), [[keripikkerepek kentang]], [[kentang goreng]], asinan [[ketimunmentimun]]), atau selada kol.
Di negara dengan penduduk yang bukan pemakan [[nasi]], sandwich biasanya dibawa ke sekolah atau ke kantor di dalam kotak yang disebut ''lunchbox'' atau di dalam kantong kertas berwarna coklat yang disebut ''brown bag'' (''sandwich bag'') untuk dinikmati sebagai [[makan siang]].
 
== Variasi sandwichsandwic ==
Sandwich juga dibawa sebagai makanan praktis sewaktu [[piknik]], mendaki gunung atau sekadar jalan-jalan. Di rumah, sandwich dinikmati sebagai [[cemilan]] atau pelengkap makanan utama. Jika dimakan di rumah sebagai makanan utama, sandwich biasanya ditemani makanan pendamping seperti sup (''soup-and-sandwich''), selada (''salad-and-sandwich''), [[keripik kentang]], [[kentang goreng]], asinan [[ketimun]]), atau selada kol.
Nama sandwich bergantung pada isi yang dijepitdikepit oleh potongan roti, sehingga ada ''egg sandwich'' (sandwich isi seladasalad telur), ''peanut butter and jelly sandwich'' (sandwichsandwic isi [[selai kacang]] dan ''jelly''), ''bacon and cheese sandwich'' (sandwich isi ''bacon'' dan keju), dan ''BLT sandwich'' (sandwich isi bacon, ''lettuce'' dan tomat). Sandwich biasanya merupakan makanan dingin walaupun ada juga sandwichsandwic yang dinikmati hangat-hangat seperti ''grilled cheese'' (roti bakar isi keju).
 
SandwichSandwic umumnya menggunakan potongan roti tawar, tetapi sandwichsandwic di [[Amerika SerikatSyarikat]] banyak menggunakan berbagaipelbagai jenis roti seperti ''bread roll'' dan ''focaccia''. ''Sub'' atau ''submarine sandwich'' seperti dijual di restoran siaplayan sajidiri [[Subway]] dan [[hamburger]] juga disebut "sandwich" walaupun tidak menggunakan potongan roti tawar.
== Variasi sandwich ==
Nama sandwich bergantung pada isi yang dijepit oleh potongan roti, sehingga ada ''egg sandwich'' (sandwich isi selada telur), ''peanut butter and jelly sandwich'' (sandwich isi [[selai kacang]] dan ''jelly''), ''bacon and cheese sandwich'' (sandwich isi ''bacon'' dan keju), dan ''BLT sandwich'' (sandwich isi bacon, ''lettuce'' dan tomat). Sandwich biasanya merupakan makanan dingin walaupun ada juga sandwich yang dinikmati hangat-hangat seperti ''grilled cheese'' (roti bakar isi keju).
 
Di [[Skandinavia]] ada makanan yang disebut "open sandwich" yang hanya menggunakan sepotong roti. Daging, ikan, atau keju diletakkan begitu saja di atas sepotong roti. Model sandwichsandwic dengan sepotong roti juga dikenal di Rusia sebagai ''buterbrod''(''бутерброд'').
Sandwich umumnya menggunakan potongan roti tawar, tetapi sandwich di [[Amerika Serikat]] banyak menggunakan berbagai jenis roti seperti ''bread roll'' dan ''focaccia''. ''Sub'' atau ''submarine sandwich'' seperti dijual di restoran siap saji [[Subway]] dan [[hamburger]] juga disebut "sandwich" walaupun tidak menggunakan potongan roti tawar.
 
Di InggrisEngland, ''butty'' (bentuk jamak: butties) dan ''sarny'' (bentuk jamak: sarnies) adalah sebutan untuk sandwichsandwic dalam [[bahasa slangslanga]]. Sandwich dengan isi ''bacon'' dan mentega (''butter'') disebut ''butty'' walaupun ada ''butty'' yang menggunakan [[mayonesmayonis]] dan bukan mentega. SandwichSandwic berisi kentang goreng disebut ''chip butty''. Di [[SkotlandiaScotland]], sandwichsandwic disebut ''pieces''.
Di [[Skandinavia]] ada makanan yang disebut "open sandwich" yang hanya menggunakan sepotong roti. Daging, ikan, atau keju diletakkan begitu saja di atas sepotong roti. Model sandwich dengan sepotong roti juga dikenal di Rusia sebagai ''buterbrod''(''бутерброд'').
 
Di Inggris, ''butty'' (bentuk jamak: butties) dan ''sarny'' (bentuk jamak: sarnies) adalah sebutan untuk sandwich dalam [[bahasa slang]]. Sandwich dengan isi ''bacon'' dan mentega (''butter'') disebut ''butty'' walaupun ada ''butty'' yang menggunakan [[mayones]] dan bukan mentega. Sandwich berisi kentang goreng disebut ''chip butty''. Di [[Skotlandia]], sandwich disebut ''pieces''.
 
== Sejarah ==
SandwichSandwic diambil dari nama [[John Montagu, 4th Earl of Sandwich|Earl of Sandwich IV]], seorang [[aristokrat]] [[InggrisInggeris]] abad ke-18 yang merupakan penggemar main kartu kelas beratkad. Earl of Sandwich IV ingin terus bermain kartukad tanpa harus berhenti untuk makan, sehingga daging yang dijepitdikepit dua potong roti dijadikan makanan praktis yang bisaboleh dimakan dengan sebelah tangan sambil bermain kartukad.
 
Earl of Sandwich IV berasal dari kota [[Sandwich, Kent|Sandwich]] di [[InggrisEngland]]. Dalam bahasa InggrisInggeris kuno, ''Sandwic'' berartibererti "tempat berpasir."
 
== Nama-nama sandwichsandwic ==
*Club sandwich
*Grilled cheese sandwich
Baris 27 ⟶ 26:
*Submarine sandwich
 
== PranalaPautan luar ==
*[http://whatscookingamerica.net/History/SandwichHistory.htm Sejarah roti sandwich]
*[http://www.rochesterdeli.com/ Foto-foto sandwich yang dijual toko sandwich (Deli) di New York]
Baris 33 ⟶ 32:
[[Kategori:Roti]]
 
[[id:Roti Lapis]]
[[ang:Sandwīc (ǣt)]]
[[ar:شطيرة]]