Kabupaten Pidie: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Yosri (bincang | sumb.)
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
<table border="1" align="right" cellpadding="2" cellspacing="0" width=300>
[[Pidie]]
<tr><th colspan="2" style="color: black; height: 30px; background: yellow no-repeat scroll top left;">'''Pidie'''</th></tr>
<br> [[Ibukota]]: [[Sigli]]<br>[[Wilayah]]: 3.415 km&sup2;<br>[[Penduduk]],: 500.000 jiwa.<br> [[Provinsi]]:[[NAD]]<br><br><br>
<tr><td>Ibunegeri:</td><td>Sigli kilometer persegi</td></tr>
<tr><td>Keluasan:</td><td>3,415 kilometer persegi</td></tr>
<tr><td>Penduduk:</td><td>500,000 orang</td></tr>
<tr><td>Provinsi:</td><td>[[NAD]]</td></tr>
</table>
 
br><br><br>
{{stub}}<br><br>
 
Kabupaten Pidie bersempadan dengan Selat Malaka di utara, [[Aceh Besar]] di barat, [[Bireuen]] di timur, dan [[Aceh Jaya]] di selatan. Pidie terkenal dengan masyarakatnya yang suka merantau dan pedagang, sehingga sering digelar Cina hitam dan mereka bersama orang asal [[Bireuen]] menguasai pasar-pasar di berbagai wilayah Aceh.
 
Daerah ini merupakan tempat cikal bakal lahirnya Gerakan Aceh Merdeka atau Hasan Tiro yang kini bermukim di Swedia. Namun anehnya, pergolakan justru paling banyak terjadi di kawasan tetangganya dibanding Pidie sendiri.
 
Sejak pemberlakuan Darurat Militer sejak Mei 2003, aktiviti ekonomi dan sosial daerah ini juga beransur-ansur walaupun belum sepenuhnya. Ada beberapa kecamatan di kawasan ini yang sedang memperjuangkan pembentukan kabupaten baru dengan nama '''Pidie Jaya''' dan berbasis di Meureudu, bagian timur Pidie.
 
----