Buka menu utama
Stiftsgymnasium Melk, sekolah tertua didirikan di Austria.

Sekolah gimnasium adalah sejenis sekolah bercirikan penekanan kuat pada pembelajaran akademis serta memberikan pendidikan menengah lanjutan di beberapa wilayah di Eropa yang sebanding dengan sekolah tata bahasa Inggris, perguruan tinggi keenam dan sekolah persiapan di AS. Dalam arti saat ini, gimnasium biasanya mengacu kepada sekolah menengah yang berfokus pada persiapan siswa untuk masuk universitas untuk studi akademik lanjutan. Sebelum abad ke-20, sistem gimnasium adalah sistem pendidikan yang tersebar luas di banyak negara di Eropa tengah, utara, timur, dan selatan.

Secara historis, Gimnasium Jerman juga termasuk dalam kurikulum pendidikan lanjutan tingkat tinggi pada tingkat perguruan tinggi dan gelarnya diberikan untuk menggantikan gelar sarjana (Baccalaureat)[1] yang sebelumnya diberikan oleh sebuah perguruan tinggi atau universitas, dan mengakibatkan universitas di Jerman menjadi sekolah pascasarjana yang eksklusif. Di AS, kurikulum Gimnasium Jerman digunakan di sejumlah universitas bergengsi seperti Universitas Michigan sebagai model untuk program perguruan tinggi sarjana mereka.[2] Kata "γυμνάσιον" (gymnasion) digunakan pada masa Yunani Kuno, yang berarti sebuah tempat untuk pendidikan fisik dan intelektual bagi para pemuda. Makna terakhir dari tempat pendidikan intelektual tetap ada dalam bahasa Jerman dan bahasa lainnya, sedangkan dalam bahasa Inggris, makna tempat untuk pendidikan jasmani dipertahankan, dan lebih akrab diucapkan dalam bentuk yang dipersingkat, gim.

RujukanSunting

  1. ^ de:Bakkalaureat section 'Geschichte' ('History') accessed 3/14/2012
  2. ^ John Seiler Brubacher, Willis Rudy, "Higher education in transition: a history of American colleges and universities", edisi ke-4, 1997 New Brunswick, NJ, hlmn. 157/158; lihat halamannya di Google Books

Templat:Schools