Kantor TVRI Stasiun Jawa Barat TVRI Jawa Barat (Aksara Sunda Baku: ᮒᮨᮜᮨᮗᮤᮞᮤ ᮛᮨᮕᮥᮘᮣᮤᮊ᮪ ᮄᮔ᮪ᮓᮧᮔᮨᮞᮤᮃ ᮏᮝ ᮊᮥᮜᮧᮔ᮪, Sunda: Televisi Republik Indonesia Jawa Kulon) merupakan stasiun televisi daerah yang didirikan oleh Televisi Republik Indonesia untuk wilayah Jawa Barat. TVRI Jawa Barat didirikan pada tanggal 11 Maret 1987 dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat saat itu Yogie Suardi Memet[1] dengan nama TVRI Bandung. TVRI Bandung juga saat itu mulai mengudara selama 60 menit dengan program acara berita daerah khas TVRI. Mulai tanggal 30 Maret 2019, acara berita Jabar Dalam Berita berubah nama menjadi Jawa Barat Hari Ini karena mengikuti nama acara berita dari TVRI Nasional, yaitu Indonesia Hari Ini.

SloganSobat Urang Sararea (Sahabat Kita Semua)

Pada tanggal 21 Mei 1991, tepatnya saat RCTI mengudara di Bandung, siaran TVRI Bandung juga disiarkan melalui RCTI Bandung dengan program berita lokal TVRI Bandung. Hingga RCTI mengudara secara nasional pada tahun 1993, TVRI Bandung masih tetap ada pada siaran RCTI di daerah Jawa Barat.

Saat terjadi krisis moneter tahun 1998, TVRI Bandung terpaksa berhenti siaran karena terkendala dana. Hal ini pun terus terjadi hingga pertengahan tahun 2000, di mana saat itu TVRI Bandung kembali beroperasi secara normal. Namun, kejadian itu kembali terulang di mana siaran TVRI Nasional behenti mengudara. Hal ini menimbulkan TVRI Bandung kembali berhenti beroperasi hingga Desember 2001.

Pada tahun 2003, TVRI Bandung mulai beroperasi secara normal. Bahkan, nama TVRI Jabar mulai diganti dengan nama TVRI Jawa Barat. Penggantian ini dimaksudkan agar TVRI Bandung dapat diterima secara luas oleh masyarakat Sunda, tanpa adanya pemusatan acara TVRI.

sunting

Pranala luar sunting