Bahasa Dong ,kata Dong itu dari bahasa Mandarin. juga di sebut oleh mereka sendiri sebagai Bahasa Kam,merupakan sebuah bahasa dari cabang Kam-Sui,rumpun bahasa Tai-Kadai yang dituturkan oleh sekitar 1.5 juta orang di wilayah perbatasan Guizhou, Hunan dan Guangxi di China.

Ringkasan bahasa /DongKam

Ada dua dialek saling difahami dalam bahasa Dong/Kam yang diklasifikasikan sebagai bahasa saling berbeda oleh beberapa ahli bahasa. Dialek utara termasuk dialek dipengaruhi oleh bahasa Mandarin lebih banyak, kata-kata pinjaman dari Mandarin lebih banyak dan banyak yang bilingual dalam bahasa Dong/Kam dan Mandarin. Sedangakan dialek selatan mempunyai penutur monolingual bahasa Kam lebih banyak daripada dialek utara.

Ejaan bahasa Dong/Kam

Sistem ejaan Dong/Kam diciptakan oleh penyelidik Pemerintahan China pada tahun 1958 dengan abjad Latin A-Z. Tulisan yang diciptakan ini digunakan terutamanya oleh ahli-ahli penyelidik dan oleh beberapa ratus penutur bahasa Dong/Kam yang pernah menerima pendidikan tulisan Dong/Kam di sekolah dan internet.

Nada bahasa Dong/Kam

Bahasa Dong/Kam adalah bahasa yang bernada, bahasa ini memiliki sembilan nada: 1) bagi suku kata terbuka (yang berakhiran dengan vokal dan konsonan -m,-n,-ng) mempunyai enam nada yang berbeda, dan 2) bagi suku kata tertutup (yang berakhiran konsonan -p,-t,-k) mempunyai tiga nada yang berbeda. Pada sistem ejaan yang lama, 9 nada tersebut ditunjukkan dengan konsonan yang berada di akhir suku kata, misalnya "bal (ikan)", dan "bedl (bebek)" mempunyai nada rata tinggi, tanda nadanya yaitu huruf l, sementara "bas (bibi)" mempunyai nada naik, tanda nadanya yaitu s. Pada sistem ejaan yang baru, tanda nada ditulis di atas atau bawah vokal, misalnya "bả(ikan)", dan "bừt(bebek)" dll.