Bahasa Bali: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
k Bot: perubahan kosmetik
Baris 19:
Di Bali sendiri Bahasa Bali mempunyai tingkatan penggunaannya, misalnya ada yang disebut Bali Alus, Bali Madya, dan Bali Kasar. Bahasa Bali Alus digunakan untuk bertutur formal misalnya dalam pertemuan di tingkat desa adat, meminang wanita, atau antara orang berkasta rendah dengan berkasta lebih tinggi. Bahasa Bali Madya digunakan di tingkat masyarakat menengah misalnya pejabat dengan bawahannya, sedangkan Bahasa Bali Kasar digunakan oleh orang kelas rendah misalnya kaum sudra atau antara bangsawan dengan abdi dalemnya, Di Lombok, Bahasa Bali terutamanya dituturkan di sekitar kota [[Mataram]], sedangkan di pulau Jawa Bahasa Bali terutamanya dituturkan di beberapa buah desa di kabupaten [[Banyuwangi]]. Selain itu [[Bahasa Osing]], sebuah dialek Jawa di Banyuwangi, juga menyerap banyak perkataan Bahasa Bali. Misalnya ''osing'' yang bermaksud "tidak" diambil daripada perkataan Bahasa Bali ''tusing''. Bahasa Bali dituturkan oleh kira-kira 4 juta orang.
 
== Fonologi ==
 
=== Vokal ===
 
Ada 6 vokal di dalam bahasa bali
Baris 49:
|}
 
=== Konsonan ===
 
Ada 18 konsonan di dalam Bahasa Bali:
Baris 103:
|}
 
=== Alofon ===
 
Sebuah ciri khas dan menjadi keistimewaan bahasa Bali ialah bahwa fonem eksplosif tak bersuara /t/ dilafazkan sebagai [t] pada posisi akhir, namun pada posisi awal dan tengah dilafazkan sebagai [ʈ] (t retrofleks).
Baris 109:
Vokal /a/ pada posisi akhir terbuka dilafazkan sebagai [ĕ]. Misalkan kata [[Kuta]], nama pantai termashyur di Bali, dilafazkan sebagai [k'uʈĕ].
 
=== Sukukata ===
 
Seperti bahasa Austronesia lainnya, bahasa Bali juga cenderung dengan kata-kata dwisukukata dan berbentuk KVKVK. Namun dalam me[[reduplikasi]] sebuah sukukata [[monosilabik]] berbentuk KVK, maka dalam bahasa Bali ini biasanya menjadi KVKKVK berbeda dengan bahasa Melayu dan Jawa:
Baris 123:
|}
 
== Kekerabatan dan kosakata ==
Bahasa Bali dalam keluarga bahasa Austronesia sering dianggap paling rapat dengan [[Bahasa Jawa]]. Namun hal ini tidaklah begitu. Bahasa Bali paling dekat dengan [[Bahasa Sasak]] dan beberapa bahasa di [[Pulau Sumbawa]] bahagian barat. Kemiripannya dengan bahasa Jawa hanya disebabkan oleh pengaruh kosa kata Bahasa Jawa kerana penjajahan Jawa pada masa lampau, terutamanya pada [[abad ke-14]] Masihi. Bali ditakluk oleh [[Gajah Mada]] pada tahun [[1343]] Masehi. Bahkan dalam keluarga Austronesia, secara fonologi bahasa Bali lebih mirip [[Bahasa Melayu]] daripada bahasa Jawa. Namun fonem /r/ pada posisi akhir dalam bahasa Melayu, seringkali menjadi /h/ pada bahasa Bali. Hal ini boleh terbukti dengan senarai perbandingan kosa kata Bahasa Melayu, Bahasa Bali, Bahasa Jawa Kuno, dan Bahasa Jawa Baru:
 
Baris 168:
|}
 
=== Pengaruh bahasa Jawa ===
Bahasa Bali banyak dipengaruhi oleh bahasa Jawa, terutama bahasa Jawa Kuno dan Bahasa Jawa Moden, juga [[bahasa Sanskrit]]. Kemiripan dengan bahasa Jawa terutamanya terlihat daripada tingkat-tingkat bahasa yang terdapat dalam bahasa Bali yang mirip dengan bahasa Jawa. Maka tidak menghairankan jika bahasa Bali halus yang disebut basa Bali Alus Mider mirip dengan [[bahasa Jawa Krama]]. Banyak perkataan Bahasa Bali yang halus diambil daripada bahasa Jawa:
 
Baris 187:
|}
 
=== Kosa kata khas Bahasa Bali ===
{| class="wikitable"
|-
Baris 202:
|}
 
=== Konsep geografis ===
Berbeza dengan banyak suku bangsa di dunia, namun masih mirip dengan suku bangsa penutur bahasa Austronesia yang lain, [[orang Bali]] dalam menentukan arah berorientasi bukan pada arah [[mata angin]] yang pasti namun pada letak kawasan geografi, pada kasus Bali ini pada letak gunung dan laut. Oleh sebab itu arah mata angin boleh berubah-ubah sesuai tempatnya:
 
:Bali – Melayu:
* kaja – utara, namun di [[Buleleng]] bermaksud selatan
* kelod – selatan, namun di Buleleng bermaksud utara
* kauh – barat
* kangin – timur
 
== Jenis bahasa Bali ==
* [[Bahasa Bali Baku]]
* [[Bahasa Bali Aga]]
* [[Bahasa Bali Jawa]]
 
{{incubator|code=ban}}
 
{{DEFAULTSORT:Bali, Bahasa}}
[[Kategori:Bahasa Austronesia]]
[[Kategori:Bahasa di Indonesia]]