Jeanne d'Arc: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
MathXplore (bincang | sumb.)
CyberTPBOT2 (bincang | sumb.)
k pengemasan, replaced: coba → cuba (3) menggunakan AWB
Baris 2:
'''Jeanne d'Arc''' (6 Januari 1412 - 30 Mei 1431, nama {{Lang-en|'''Joan of Arc'''|italics=no}}) atau nama lamanya '''''Jehanne D'arc''''' adalah seorang pahlawan negara [[Perancis]] dan merupakan seorang [[santa]] dalam agama Kristian [[Katolik]]. Di Perancis dia digelar '''''Jeanne la Pucelle''''' yang bererti Jeanne "si dara" atau "si perawan".
 
Beliau berasal dari sebuah keluarga [[petani]] yanghidup semasa berlakunya [[Perang Seratus Tahun]], sebuah perang antara [[England]] dan [[Perancis]]. Pada kala itu, England menduduki Normandie, sebuah daerah di utara Perancis. Sekitar 1424, Jeanne mula mendapat visi mengenai Malaikat Mikail serta Santa Catherine dan Santa Margaret, yang menyuruhnya mengusir tentera Inggeris. Dia kemudian berusaha menghadap putera raja [[Charles VII dari Perancis|Charles VII]] di Chinon. Baginda menghantar beliau menyertai [[Pengepungan Orléans]] ketika beliau masih berusia 17 tahun sambil berkelengkapan seumpama kesateria lelaki dan menyertai misi bantuan ke Orléans. Dia berjaya mempengaruhi sekurang-kurangnya moral tentera Perancis sehingga berjaya mematahkan pengepungan itu pada Mei 1429, menukar gelombang peperangan beralih kepada tentera Perancis.
 
Pada Mei 1430, dalam satu peperangan kecil di [[Compiègne]], sekutu tentera Inggeris, puak Burgundy berjaya menangkapnya<ref name="justice.gouv.fr">''Le Procès de Jeanne d'Arc'', in Série "Les grands procès de l'histoire", Ministère de la Justice (France), 6 Julai 2012: http://www.justice.gouv.fr/histoire-et-patrimoine-10050/proces-historiques-10411/le-proces-de-jeanne-darc-24376.html</ref> dan dia dibicarakan antara lain kerana dituduh [[penyelewengan agama|menyeleweng]] dan memakai pakaian lelaki. Lalu dia dihukum mati dengan [[Hukuman mati melalui pembakaran|dibakar hidup-hidup]],<ref>Régine Pernoud, "Joan of Arc By Herself And Her Witnesses", m/s. 228</ref> dan abunya dibuang di [[Sungai Seine]]. 25 tahun selepas itu, suatu mahkamah penyiasatan yang diberi kuasa oleh [[Paus Callixtus III]] memeriksa perbicaraan tersebut mendapati beliau tidak bersalah; beliau diampunkan secara rasminya malah diisytiharkannya sebagai [[martir]].<ref name="ward">Andrew Ward (2005) {{IMDb title|id=0421212|title=Joan of Arc}}</ref> Jeanne dibeatifikasi pada 1909 dan dikanonkan pihak Paus pada 1920.
Baris 30:
Jeanne d'Arc tidak menuruti strategi hati-hati yang sebelumnya menjadi ciri khas kepemimpinan pasukan Perancis. Sebaliknya, beliau menerapkan penyerangan frontal terhadap benteng pertahanan musuh. Setelah beberapa pos pertahanan tersebut jatuh, pihak Inggris memfokuskan sisa pasukan mereka pada benteng dari batu (''stone fortress'') yang menjaga jembatan ''les Tourelles''. Pada [[7 Mei]] [[1429]], Perancis menyerang jembatan ini. Sejarawan modern mengakui kepahlawanan Jeanne dalam pertempuran ini, di mana pada suatu saat beliau harus menarik keluar anak panah yang menancap di bahunya, dan dengan lukanya tetap kembali untuk memimpin penyerangan terakhir.
 
Kemenangan di Orléans ini membawa banyak kemungkinan aksi penyerangan. Pihak Inggris menduga bahawa Perancis akan mencobamencuba untuk merebut Paris atau menyerang Normandia; Dunois mengakui bahawa sebenarnya itulah rencana awal mereka, sampai Jeanne berhasil meyakinkan mereka untuk sebaliknya menuju Reims. Sebagai hasil dari kemenangan yang tak disangka tersebut, Jeanne mendesak Charles VII untuk memberikan kekuasaan sebagai komandan pasukan, bersama dengan [[John II dari Alençon|Duke John II dari Alençon]], serta mendapat izin untuk menjalankan rencananya merebut jembatan-jembatan sepanjan sungai Loire sebagai upaya pendahuluan menuju Reims dan penobatan (koronasi). Rencana ini merupakan suatu rencana yang berani, mengingat Reims dua kali lebih jauh dibandingkan Paris, dan berada jauh di dalam wilayah musuh.
 
Pasukan Perancis merebut [[Pertempuran Jargeau|Jargeau]] pada [[12 Juni]], [[Pertempuran Meung-sur-Loire|Meung-sur-Loire]] pada [[15 Juni]], lalu [[Pertempuran Beaugency|Beaugency]] pada [[17 Juni]] 1429. John II menyetujui semua keputusan Jeanne. Para komandan lain, termasuk Jean d'Orléans, telah terpesona pada kemampuan Jeanne di Orléans, dan menjadi pendukungnya. Alençon berhutang budi pada Jeanne karena menyelamatkan nyawanya di Jargeau, di mana Jeanne memperingatkannya akan bahaya serangan artileri. Pada pertempuran yang sama, Jeanne berhasil menahan lemparan batu yang menimpa pelindung kepalanya (''helmet'') sewaktu beliau menaiki tangga penyerangan (''scaling ladder''). Bala bantuan Inggris tiba di wilayah tersebut pada 18 Juni di bawah komando [[John Fastolf|Sir John Fastolf]]. [[Pertempuran Patay|Pertempuran di Patay]] mungkin dapat dianggap sebagai kebalikan pertempuran Agincourt: Pasukan perintis (''vanguard'') Perancis menyerbu sebelum pasukan panah Inggris dapat menyiapkan pertahanan mereka. Timbul kekacauan yang menghancurkan pasukan utama Inggris dan menyebabkan sebagian besar komandannya terbunuh. Fastolf lolos dengan serombongan kecil pasukan dan dijadikan kambing hitam atas kekalahan Inggris ini. Di pihak lain, Perancis hanya menderita sedikit kerugian dari pertempuran ini.
Baris 45:
Setelah pertempuran kecil di La-Charité-sur-Loire pada bulan November dan Desember, Jeanne bertolak ke Lagny-sur-Marne pada bulan Maret, dan ke [[Compiègne]] pada [[23 Mei]] [[1430]] untuk bertahan terhadap pengepungan pihak Inggris dan Burgundi. Pertempuran pada hari itu telah menyebabkan tertangkapnya Jeanne d'Arc. Sewaktu memerintahkan untuk mundur, sebagai kode kehormatan, beliau bertahan sebagai orang terakhir yang meninggalkan pertempuran. Pihak Burgundi mengepung para pelindungnya.
 
Adalah suatu kebiasaan bagi keluarga tawanan perang untuk mengumpulkan uang tebusan jika diizinkan. Sayangnya, pihak Burgundi tidak mengizinkan tebusan untuk Jeanne. Banyak sejarawan yang menyalahkan Charles VII karena tidak mengupayakan hal tersebut. Jeanne beberapa kali mencobamencuba untuk lari dari tahanan. Duke Philip dari Burgundi akhirnya menyerahkan Jeanne ke pemerintah Inggris. Bishop [[Pierre Cauchon]] dari [[Beauvais]], seorang partisan Inggris dan anggota dewan yang mengawasi pendudukan Inggris di utara Perancis, memiliki peranan penting pada negosiasi ini dan juga pada pengadilan Jeanne.
 
Pengadilan Jeanne atas tuduhan bidah berbau politis. Duke dari Bedford mengklaim tahta Perancis bagi keponakannya, Henry VI. Jeanne dianggap bertanggung jawab atas penobatan rivalnya. Menyalahkan Jeanne adalah suatu upaya untuk menjatuhkan rajanya. Proses hukum dilangsungkan pada [[9 Januari]] [[1431]] di [[Rouen]], di wilayah pendudukan Inggris. Proses ini dianggap memiliki beberapa aspek yang tak lazim.
Baris 61:
Bidah bisa dihukum mati jika dilakukan berulang kali, sehingga pengadilan kemudian mengajukan tuntutan atas penggunaan pakaian laki-laki oleh perempuan (''cross dressing''). Masalahnya, saat di ruang sidang Jeanne setuju untuk menggunakan pakaian perempuan, sehingga menimbulkan masalah saat penuntutan.
 
Beberapa hari kemudian, menurut pengakuan Jeanne, beliau mendapatkan percobaanpercubaan perkosaan oleh seorang bangsawan Inggris di dalam penjara. Beliau kemudian mengenakan kembali pakaian laki-laki sebagai perlindungan terhadap pelecehan seksual dan juga, menurut kesaksian Jean Massieu, karena pakaiannya telah dicuri dan beliau tidak memiliki apa-apa untuk dikenakan. Pakaian militer yang digunakan laki-laki pada saat itu memungkinkan menghalangi pemerkosa dengan mudah membuka pakaian korbannya, berbeda dengan pakaian perempuan yang mudah dibuka paksa.
 
Penggunaan pakaian laki-laki oleh perempuan sebenarnya bisa dibenarkan oleh ajaran Katolik atas alasan mendesak, salah satunya melindungi diri dari perkosaan. Beliau juga boleh saja menggunakan pakaian perang laki-laki untuk melindungi diri dalam pertempuran, walaupun membuatnya tampak menjadi kesatria laki-laki. Rambut pendeknya juga dipermasalahkan, yang kemudian mendapat pembelaan dari pendukungnya, misalnya ahli teologi Jean Gerson, bahawa hal tersebut hanya untuk kepraktisan.
Baris 106:
{{tunas-bio}}{{authority control}}
{{Kehidupan|1412|1431}}
 
[[Kategori:Jeanne d'Arc| ]]
[[Kategori:Orang Perancis]]