Kabupaten Nagan Raya

kabupaten di provinsi Aceh, Indonesia
(Dilencongkan dari Nagan Raya)

Kabupaten Nagan Raya ialah sebuah kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Ibu kotanya Suka Makmue, yang berjarak sekitar 287 km atau 8 jam perjalanan dari Banda Aceh. Kabupaten ini berdiri berdasarkan UU Nombor 4 Tahun 2002 tanggal 2 Julai 2002 sebagai hasil pemekaran Kabupaten Aceh Barat.

Kabupaten Nagan Raya
Daerah tingkat II
Lambang Kabupaten Nagan Raya
Moto: 
-
Map
Peta
Kabupaten Nagan Raya is located in Bumi
Kabupaten Nagan Raya
Kabupaten Nagan Raya (Bumi)
Koordinat: 4°10′08″N 96°19′28″E / 4.1689°N 96.3244°E / 4.1689; 96.3244
Negara Indonesia
ProvinsiAceh
Tanggal berdiri10 April 2002
Dasar hukumUU No.4 Tahun 2002
Ibu kotaSuka Makmue
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
  • Kecamatan: 5
  • Kelurahan: 213
Kerajaan
 • BupatiMuhammad Jamin Idham SE
Luas
 • Jumlah3,928 km² km2 (Bad rounding hereFormatting error: invalid input when rounding batu persegi)
Penduduk
 • Jumlah144,944
 • Kepadatan37/km2 (100/batu persegi)
Demografi
Zon waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode telepon0655
APBD 
DAU 

Kata "Nagan" merupakan kependekan dari Seunagan yang menunjukkan lima kecamatan hasil pemecahan, sedang "Raya" bererti besar. Dari sini diharapkan kelima kecamatan ini akan jadi besar di kemudian hari.

Kabupaten ini bersempadan dengan Aceh Tengah dan Aceh Barat di utara, Aceh Barat di barat, Aceh Barat Daya dan Lautan Hindidi selatan, dan Gayo Lues serta Aceh Barat Daya di timur. Nagan Raya terdiri dari 5 kecamatan:

  1. Beutong
  2. Darul Makmur
  3. Kuala
  4. Seunagan
  5. Seunagan Timur

Kabupaten Nagan Raya berada di pantai barat Sumatera yang subur dan sangat sesuai bagi pertanian, khususnya padi yang berpusat di kecamatan Seunagan, Seunagan Timur dan Beutong karena diairi oleh Krueng Beutong dan Krueng Nagan yang mengalir di wilayah tersebut. Potensi lainnya adalah usaha peternakan dan perkebunan terutama kelapa sawit. Karena sumber daya pertaniannya yang kaya, maka Nagan Raya yang merupakan tempat tragedi Beutong Ateuh ini dikenal sebagai salah satu kepok beras utama di NAD.

Sebelum gangguan Gerakan Aceh Merdeka, Nagan Raya menjadi pusat bagi transmigrasi yang menghidupkan sektor pertanian di kawasan ini. Namun setelah tahun 2001 banyak transmigran yang meninggalkan unit-unit pemukimannya karena gangguan dan ancaman dari kaum separatis. Diharapkan setelah keadaan aman semakin elok, para transmigran akan kembali untuk meningkatkan lagi ekonomi kabupaten yang belum genap berusia 2 tahun ini.

Rujukan sunting

Sumber sunting

Pautan luar sunting