Persatuan Sepak bola Indonesia Palu atau biasa di singkat Persipal Palu adalah kelab Bola sepak Indonesia yang bertapak di Stadium Gawalise, Kota Palu, Sulawesi Tengah[1] Julukan Persipal Palu ialah The Hammers dan Laskar Tadulako, Persipal mengikuti kompetisi Liga 2, setelah mengakusisi klub Liga 2, Muba Babel United pada pertengahan tahun 2022.[2]

Persipal
Nama penuhPersatuan Sepak Bola Indonesia Palu
GelaranThe Hammers
Laskar Tadulako
Diasaskan1977; 47 tahun yang lalu (1977)
StadiumStadium Gawalise
(Kapasiti: 20.000)
PengerusiPengerusi
PengurusIndonesia Jely Rompas Mastura
JurulatihIndonesia Bambang Nurdiansyah
LigaLiga 2
Kumpulan penyokongThe Hammers
Warna tuan rumah
Warna tempat lawan
Warna ketiga

Sejarah sunting

Persipal mengalami masa kejayaan di era 1970-an dan merupakan salah satu klub yang di segani di indonesia pada masa Liga Perserikatan. Beberapa pemain legendaris Persipal antara lain Jack Donald, Jaka Dewa, dan Erwin Sumampow berhasil membawa Persipal menuju partai Final 12 Besar Liga Perserikatan PSSI tahun 1979 menghadapi Persipura Jayapura.

Tak hanya itu legenda sepak bola Timnas Indonesia asal Makassar juga pernah melatih Persipal yakni Ramang. Prestasi terbaik Persipal tercatat pernah masuk dalam 10 besar klub terbaik Indonesia puluhan tahun silam. Juga pernah menjajal kekuatan klub besar Eropa asal negeri Belanda yakni PSV Eindhoven di Stadion Nokilalaki (sekarang telah Menjadi pusat perbelanjaan Palu Plaza) di Kota Palu.

Namun seiring berjalannya waktu prestasi Persipal kian menurun, sejak tahun 1995 Persipal masih sulit untuk keluar dari zona Divisi Satu Liga Indonesia. Pada musim kompetisi 2010-2011 kemarin, Persipal hampir saja dapat melaju ke Divisi Utama andai saja tidak mengalami kekalahan dari Persbul Buol pada laga Knock Out menuju babak 8 besar Divisi I Liga Indonesia di Stadion Gawalise, Palu.

Sekarang dengan sistem kompetisi baru Persipal Palu harus memulai perjuangan dari Liga 3 musim 2021.

Prestasi sunting

Penyokong sunting

Supporter Persipal Palu ialah The Hammers.

Rujukan sunting

  1. ^ "Liga 3 Rayon Sulteng Diikuti 17 Klub" (dalam bahasa Indonesia). sultengraya.com. Dicapai pada 27 Mei 2022.
  2. ^ "Beli Klub Asal Sumatera, Persipal Palu Melenggang ke Liga 2". palu.tribunnews.com. 2022-06-29. Dicapai pada 2022-07-01.