Lihat juga Syarikat

Perbadanan atau perusahaan merupakan tempat terjadinya kegiatan hasilan dan berkumpulnya semua faktor hasilan. Setiap perusahaan ada yang berdaftar dengan kerajaan dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang berdaftar dengan kerajaan, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha adalah status suatu perusahaan yang berdaftar dengan kerajaan.

Nama di berbagai jurisdiksi sunting

Ada beberapa jenis perusahaan di seluruh dunia.

Perusahaan multinasional sunting

Menyusul kamajuannya model perusahaan dalam tingkatan kebangsaan, banyak perusahaan telah menjadi transnasional atau perusahaan multinasional: tumbuh melalui batasan kebangsaan untuk mendapatkan taraf kuasa dan pengaruh yang luar biasa dalam proses globalisasi.

Biasanya perusahaan transnasional atau multinasional dapat masuk ke pemilikan dan pengaturan bertumpuk, dengan banyak cabang dan garis di berbagai daerah, banyak sub-kumpulan terdiri dari perusahaan dengan hak mereka sendiri.

Dalam penyebaran perusahaan dalam banyak benua, pentingnya budaya perusahaan telah tumbuh sebagai faktor penyatu dan penambah ke sensibilitas dan kewaspadaan budaya kebangsaan tempatan.

Kutipan sunting

  • Corporations have neither bodies to be punished, nor souls to be condemned, they therefore do as they like. ---- Lord Thurlow
  • The opinion of the Court, after mature deliberation, is that this [a corporate charter] is a contract, the obligation of which cannot be impaired without violating the Constitution of the United States. -- Chief Justice John Marshall, Dartmouth College v. Woodward (1819).

Lihat juga sunting

Pautan luar sunting


Jika anda melihat rencana yang menggunakan templat {{tunas}} ini, gantikanlah ia dengan templat tunas yang lebih spesifik.