Balqis

Suluk dalam agama Islam dan aliran Islam Sufisme sunting

Suluk secara harfiahnya bererti menempuh (jalan). Dalam kaitannya dengan agama Islam dan sufisme, kata suluk bererti menempuh jalan (kerohanian) untuk menuju Allah. Menempuh jalan suluk (bersuluk) mencakupi sebuah bidang disiplin seumur hidup dalam melaksanakan aturan-aturan eksoteris agama Islam (syariat) sekali gus aturan-aturan esoteris agama Islam (hakikat). Ber-suluk juga mencakupi hasrat untuk Mengenal Diri, Memahami Esensi Kehidupan, Pencarian Tuhan, dan Pencarian Kebenaran Sejati (Ilahiyyah), melalui penempaan diri seumur hidup dengan melakukan syariat lahiriah sekali gus syariat batiniah demi mencapai kesucian hati untuk mengenal diri dan Tuhan.

Kata suluk berasal daripada terminologi Al-Quran, Fasluki, dalam Surah An-Nahl [16] ayat 69, Fasluki subula Rabbiki zululan, yang bermaksud Dan tempuhlah jalan Rabb-mu yang telah dimudahkan (bagimu). Seseorang yang menempuh jalan suluk disebut Salik.

Kata suluk dan Salik biasanya berhubungan dengan tasawuf, tarekat dan sufisme. Contoh eratnya keterkaitan kata-kata tersebut boleh dilihat pada terma utama dan isi dari tiga laman sesawang berikut: Suluk :: Hanya Sekeping Cermin…™, Suluk Homepage (keduanya dalam bahasa Indonesia), dan Suluk Academy (dalam bahasa Inggeris).

Lihat juga sunting

Suluk menurut Kamus Umum bahasa Indonesia sunting

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata suluk bererti:

  • [1] suluk n jalan ke arah kesempurnaan batin; tasawuf; tarekat; mistik:ilmu--,
  • [2] suluk Jw nyanyian (tembang) dalang yang dilakukan ketika akan memulai suatu adegan (babak) dalam pertunjukan wayang.

Rujukan sunting

Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Kedua, Jakarta (1995): Balai Pustaka