Taman Negara Gunung Stong

Taman Negara Gunung Stong (Gunung Stong State Park (GSSP)) adalah area hutan seluas 21.950 hektare dengan beberapa puncak gunung yang menonjol. Area ini memiliki kecantikan yang memukau dan tempat salah satu air terjun tertinggi di Malaysia, Air Terjun Jelawang yang bertingkat tujuh.

Bentang alam GSSP yang keras menawarkan banyak petualangan yang menarik bagi siapa saja yang menyukai alam dan tempat terbuka yang hebat. GSSP tidak hanya memiliki nilai ekowisata yang penting tetapi juga menjadi area konservasi penting dengan keragaman flora dan fauna yang kaya.

Binatang seperti gajah Asia, sapi liar, burung kuau raja, macan Malaysia, kambing hutan dan tapir ketahui menjelajahi hutan di Stong. Dengan bantuan pemandu perjalanan yang berkualifikasi dan berpengetahuan luas, penjelajahan GSSP Anda akan semakin berarti dengan hal-hal menarik tentang keanekaragaman hayati di kawasan ini.

Bogo Rock Shelter, yang berbentuk seperti gua, merupakan tempat beristirahat yang memadai dalam perjalanan ke puncak Gunung Stong, yang dapat dicapai dalam waktu empat jam berjalan kaki. Sedangkan Gunung Ayam, puncak tertinggi di area ini pada ketinggian 1.504 m, adalah tempat ideal untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dan tenggelam.

Lokasi perkemahan juga tersedia bagi yang ingin menginap. Kunjungi gua batu gamping memukau berusia 225 juta tahun di Dabong yang menjadi tempat tinggal beberapa jenis kelelawar dan flora langka, termasuk pohon balsam yang endemik.



Pergi Ke Sana

kereta Dari Kuala Lumpur, ambil North-South Expressway mengarah ke utara dan keluar di Kuala Kangsar, kemudian menuju Gerik dan lanjutkan sepanjang jalan bebas hambatan East-West menuju Jeli. Di kota Jeli, ikuti Route 66 menuju Dabong. Pilihan lain adalah dengan melalui East Coast Expressway dari KL ke Bentong. Dari sana, ikuti Route 8 ke Gua Musang dan kemudian ambil Route D29 ke Dabong.


Kereta Api Dari KL Sentral Station, kereta cepat jalur utara ke Kota Bhari akan membawa Anda melewati beberapa perkampungan kecil termasuk Dabong. Dari sana, Anda harus menyeberangi Sungai Galas dan menuju Jelawang yang hanya berjarak 3 km.


Kapal Naik kapal dari Kuala Krai ke Dabong/Jelawang. Perjalanan dengan kapal memakan waktu sekitar satu jam.



Kontak

Kelantan State Forestry Department

Telepon : +609-748 2140