Universitas Airlangga

Universitas Airlangga ialah sebuah kolej negeri yang terletak di Surabaya, Jawa: ꦈꦤꦶꦮ꦳ꦼꦂꦱꦶꦠꦱ꧀​ꦄꦲꦶꦂꦭꦁꦒ Timur. Universitas ini didirikan pada tanggal 10 November 1954 Berdasarkan kedudukan dari QS World Universitas Airlangga Rangking 2021, Universiti Airlangga menduduki kedudukan keempat sebagai Universitas terbaik di Indonesia.

Sejarah sunting

Berdirinya Universitas Airlangga memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum diresmi didirikan, pada tanggal 9 dan 11 Oktober 1847, disampaikan usul kepada Pemerintah Kolonial Belanda untuk mendidik pemuda-pemuda Jawa yang berbakat menjadi ahli-ahli praktik kesehatan.

Pada tanggal 2 Januari 1849, melalui Keputusan Pemerintah No. 22, didirikan NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School)[1] sebagai tempat pendidikan dokter di Surabaya. Sejak tahun 1913, pendidikan dokter di Surabaya berlangsung di Jalan Kedungdoro 38 Surabaya. Pada tahun 1923, gedung NIAS dipindah dari Jalan Kedungdoro ke tempat berdirinya Fakultas Kedokteran di Jalan Mayjen.

Rujukan sunting

  1. ^ "Tentang FST UNAIR | Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga" (dalam bahasa Indonesia). Dicapai pada 2021-04-06.