Raksasa: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Tiada ringkasan suntingan
Baris 1:
[[Imej:Rackham giant2.jpg|right|300px|thumb|Jack dan Raksasa pembunuh, lukisan karya Arthur Rackham]]
Dalam mitologi dan legenda yang muncul dari berbagai belahan dunia, '''Raksasa''' atau '''Gergasi''' adalahdifahamkan bangsasebagai makhluk yang menyerupai [[manusia]] atau [[haiwan]], namun berukuran lebih besar daripada ukuran normal manusia atau haiwan tersebut. Dongeng dan legenda menyatakan bahawa raksasa merupakan bangsa makhluk yang bodoh dan bengis, suka mengganggu dan memakan manusia, namun ada beberapa dongeng dan legenda yang menyatakan sebaliknya. Raksasa dianggap suatu ancaman kerana manusia tidak mampu menandingi ukuran serta tenaganya yang besar, namun tidak sedikit yang memberi gagasan tentang raksasa sebagai makhluk yang hidup berdampingan dengan manusia.
 
== Etimologi ==
 
Dalam kosakata [[bahasa Melayu]], “Raksasa” digunakan sebagai istilah yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang berukuran lebih besar daripada ukuran normal. Kata Raksasa dalam bahasa Indonesia berasal dari kata “''Rakshasah''” ([[Bahasa Sanskrit]]: ''Rakshasa'' रा॑क्षसः yang bermaksud kejam).<! --<ref>[[Daftar kataia serapan dari bahasa Sansekerta dalam bahasa Indonesia#R|Daftarjuga kata serapanwarisan daribersama bahasaperkataan Sansekerta dalam bahasa Indonesia]]</ref>"rakus".--> [[Raksasa]]Rakshasa adalah suatu makhluk jahat yang tampil dalam [[mitologi Hindu]]. Dalamlagi-lagi dalam [[sastera Hindu|kesusasteraansastera Hinduberkaitan]] yang datang ke Indonesia,dibawa Nusantara seperti misalnya [[Ramayana]] dan [[Mahābhārata]], terdapatdan istilah “Rakshasa” yang digunakan untuk merujuk kepada bangsa makhluk yang jahat. Kemudian kesusastraan tersebutkemudiannya diangkat menjadidalam pertunjukkanpertunjukan [[wayang]] dan Rakshasa dideskripsikan berukuran besar. Sampai kini istilah “raksasa” merujuk kepada sesuatu yang berukuran besar.
 
Dalam kosakata [[bahasa Melayu]] kini, “raksasa” turut digunakan sebagai istilah yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang berukuran lebih besar daripada ukuran normal.
== Raksasa dalam mitologi dan legenda ==
 
== RaksasaKelaziman dalam mitologi dan legenda ==
Raksasa sering muncul dalam kisah mitologi dan legenda sebagai makhluk yang berukuran besar dengan kekuatan yang menakjubkan. Dalam [[mitologi Yunani]] muncul karakter [[Gigantes]] dan [[Titan]], yang merupakan golongan tua dari Dewa-Dewi Yunani. Mereka tinggal di bawah tanah dan menyebabkan fenomena gempa bumi dan gunung berapi. Mitologi Yunani juga memunculkan [[Cyclop]], iaitu ras raksasa bermata satu. Kisahnya muncul dalam [[Odyssey|The Odyssey]].
 
Raksasa sering muncul dalam kisah mitologi dan legenda sebagai makhluk yang berukuran besar dengan kekuatan yang menakjubkan. Dalam [[mitologi Yunani]] muncul karakter [[Gigantes]] dan [[Titan]], yang merupakan golongan tua dari Dewa-Dewi Yunani. Mereka tinggal di bawah tanah dan menyebabkan fenomena gempa bumi dan gunung berapi. Mitologi Yunani juga memunculkan [[Cyclop]], iaitu ras raksasa bermata satu. Kisahnya muncul dalam [[OdysseyOdýsseia|The Odyssey]].
 
Dalam [[mitologi Hindu]] terdapat makhluk sejenis raksasa yang disebut [[Detya]], [[Yaksa]], [[Asura]], dan [[Rakshasa]]. Mereka semua adalah makhluk supernatural berkekuatan kecil. Sebahagian besar daripada mereka bertentangan dengan para [[Dewa (Hindu)|Dewa]] dan suka mengganggu manusia. Beberapa di antara mereka berwujud manusia dan disebut “''Manusyha Rakshasa''”. Sebagian dari mereka adalah pemuja [[Dewa (Hindu)|Dewa]] tertentu, namun setelah mereka mendapatkan anugerah, mereka menjadi takabur dan berangsur-angsur menjadi jahat.
Baris 14 ⟶ 16:
[[Mitologi Skandinavia]] memunculkan karakter [[Jotun]], salah satu dari makhluk [[supernatural]]. Ukuran mereka besar. Mereka tinggal di [[Jötunheimr]], salah satu cabang [[Yggdrasil]]. Sikap mereka bertentangan dengan para [[Æsir]] dan [[Vanir]] (Dewa-Dewi), namun kadang-kadang mereka menjalin hubungan dan menikah. Terdapat beberapa macam Raksasa (Jotun), seperti misalnya: Raksasa es (''hrímþursar''); Raksasa api (''eldjötnar''); dan Raksasa gunung (''bergrisar'').
 
== Raksasa dalamDalam kisah fiksyencereka ==
 
Raksasa muncul secara individual maupun kelompok dalam beberapa kisah fiksyen sebagai tokoh utama maupun karakter pendukung. Kisah-kisah yang memunculkan karakter raksasa adalah: Jack dan pohon kacang; Perjalanan Gulliver; Harry Potter; The Chronicles of Narnia; Robinhood dan Pangeran Aragon; Young Ronald; dll.
Baris 26 ⟶ 28:
== Lihat juga ==
 
* [[Rakshasa (Hindu)|Rakshasa]]
* [[Gigantes]]
* [[Titan]]
Baris 33 ⟶ 35:
* [[Troll]]
* [[Ogre]]
 
 
== Rujukan ==