Hydra Lerna: Perbezaan antara semakan

Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
CyberTPBOT2 (bincang | sumb.)
k →‎Dalam mitologi: pengemasan, replaced: coba → cuba menggunakan AWB
Baris 10:
Sebelum pergi, Herakles terlebih dahulu mencelupkan semua panahnya ke dalam darah Hidra sehingga semua panahnya menjadi beracun. Hera lalu menaikkan bangkai-bangkai raksasa-raksasa ke angkasa menjadi buruj-buruj [[Ular Air (buruj)|Hydra]] dan [[Ketam (buruj)|Karkinos]]. Setelah menjalankan tugasnya, Herakles kembali pada Euristheus namun ternyata Euristheus menolak penyelesaian tersebut, karena menurutnya Herakles dibantu oleh Iolaos sehingga tugas tersebut menjadi tidak sah dan jumlah tugas Herakles masih tetap sembilan.
 
Herakles nantinya menggunakan panah beracun Hidra untuk membunuh [[Nessos]], seorang [[Kentaur]] yang mencobamencuba memperkosa [[Deianeira]], istri Herakles. Darah beracun Hidra kemudian menginfeksi darah Nessos yang pada gilirannya ikut meracuni [[Jubah Nessos|pakaian]] yang kelak akan dipakai oleh Herakles dan akhirnya membunuh sang pahlawan.
 
[[Strabo]] dan [[Pausanias]] melaporkan bahwa suatu bau busuk dapat dijumpai di sungai [[Anigros]], [[Elis]] yang menyebabkan ikan-ikan di sana tidak dapat dimakan, keadaan ini disyaki disebabkan oleh darah beracun Hidra yang berasal dari panah yang digunakan oleh Herakles untuk membunuh Nessos.<ref>Strabo, 8.3.19</ref><ref>[[Pausanias]], 5.5.9</ref><ref>Grimal 1987:219.</ref>