Wedang Opum adalah minuman khas dari Kabupaten Pati, Wedang Opum adalah minuman  yang bahan utamanya buah Manggis dan buah Kopyor. Minuman ini bisa disajikan hangat dan nikmat juga disajikan dingin dengan menambahkan es batu. 

Wedang Opum
Fail:Berkas: Wedang Opum.JPG
Segelas wedang opum.
Nama alternatifWedang Ovum
Jenis sajianpenutup
Tempat asal Indonesia
Kawasan/rantauPati, Jawa Tengah
Suhu penghidanganhangat atau dingin
Bahan utamaOpyor, Vanila, Ubi, Manggis
sunting · sunting di Wikidata
Lihat pendokumenan templat ini
Lihat pendokumenan templat ini

Sejarah sunting

Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten sebagai penghasil buah vanili, buah manggis, dan buah kopyor terbesar di Jawa Tengah. Minuman ini merupakan simbol pertanian buah di kabupaten Pati.

Minuman ini tercipta dari usaha meningkatkan pemanfaatan[1] hasil pertanian buah komoditi unggulan kabupaten Pati, diantaranya buah Kelapa Kopyor (Opyor), buah Vanili, Ubi, buah Manggis. Karena banyaknya hasil buah komoditi unggulan, hingga petani bingung[2] memasarkan. Maka buah-buah tersebut dimanfaatkan dengan cara membuat minuman yang terbuat dari buah-buahan komoditi unggulan khas Kabupaten Pati, sehingga jadilah wedang opum.

Etimologi sunting

Minuman ini terbuat dari beberapa buah-buahan lokal khas Pati terutama opyor[3] dan buah manggis [4]. Nama makanan ini Wedang Ovum yang merupakan singkatan dari Opyor, Panili , Ubi jalar, Manggis

Bahan sunting

Bahan untuk menyajikan Wedang Opum yang perlu dipersiapkan ialah daging buah opyor, vanili, bola-bola ubi jalar, sirup simpel, es batu, daging buah manggis, air santan matang.

Proses pembuatan sunting

Cara membuat bola-bola ubi yaitu: Ubi jalar putih di timbang masing-masing 200gr, lalu tambahkan 60gr tepung tapioka, 1 sdm gula pasir, dan 1/4 sdt garam. Bulatkan kecil-kecil, Rebus di air mendidih. Lalu tiriskan.

Penyajian sunting

Masukan bola-bola ubi ke dalam gelas, kemudian masukan daging buah kelapa kopyor, masukan es batu, masukan sirup simpel, masukan vanili, masukan air santan, sedangkan paling atas di beri toping yang terbuat dari daging buah manggis yang telah di blender.


Perkembangan sunting

Untuk mengikuti perkembangan zaman, minuman ini pun bervariasi warna bola-bola ubi berwarna-warni dengan warna alami. Bola-bola ubi warna ungu terbuat dari ubi ungu, kuning dari ubi kuning, hijau dari ubi putih diberi air pandan. Air santan pun kini bisa di ganti dengan air susu uht. 


Referensi sunting


Pranala luar sunting


Templat:Masakan-stub Templat:Masakan Kabupaten Pati