Celine Evangelista

Celine Evangelista atau lebih dikenal dengan seorang nama dilahirkan Monika Maureen Ricci (lahir di Roma, Itali, 2 April 1992; umur 31 tahun) adalah peragawan dan pelakon berkarayatan Indonesia berketurunan Itali dan Bugis, ialah juga merupakan isteri dari sinetron Stefan William. Ialah sudah menjadi mantan isteri aktor dari Stefan William, ialah adalah seorang berwajah bule berketurunan Amerika Syarikat, Rusia, Minahasa.

Celine Evangelista
Kelahiran
Celline Evangelista Monika Maureen Ricci

(1992-04-02) 2 April 1992 (umur 31)
WarganegaraIndonesia
Pekerjaan
Tahun aktif2006 - kini
PasanganDearly Dave Sompie (k. 2012; c. 2013)
Stefan William (k. 2016; c. 2021)
Anak-anak3
IbuVincentia Nurul
BapaMaurro Ricci

Kehidupan peribadi sunting

Pada tahun 2012, Celine Evangelista menikah secara agama dengan Dearly Dave Sompie setelah sempat bertunangan pada 14 Februari 2011.[1] Namun pernikahan mereka tidak bertahan langgeng setelah bercerai pada 2013. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai seorang anak perempuan bernama Eleeya Xaviera Sompie pada Sabtu, 1 September 2012.[2] Sebelumnya mereka juga mengadopsi seorang anak bernama Jemima Guri Clementine Sompie yang lahir pada 18 Agustus 2011.

Celine Evangelista kembali menikah dengan pesinetron tampan Stefan William pada 10 November 2016 di Uluwatu, Bali.[3] Mereka kemudian dikaruniai seorang anak pada Senin, 9 Oktober 2017. Bayi laki-laki yang diberi nama Lucio Otthild William itu lahir melalui operasi caesar.[4]

Kerjaya sunting

Ia memulai kariernya lewat pemilihan Model Kawanku 2006. Celine Evangelista memulai karier di dunia film sejak usia 12 tahun dalam perannya di film Bangku Kosong (2004). Film lain yang pernah didukungnya adalah Enam (2007). Namun nama Celine lebih dikenal lewat layar kaca, antara lain lewat sinetron Inikah Rasanya, Aku Hamil, Pengantin Remaja, Rahasia Ilahi, Love, dan Romantika Remaja. Celine Evangelista juga pernah bermain dalam FTV Inikah Rasanya, Ghost, Hantu Rambut Palsu, dan Dongeng Aladin. Celine Evangelista juga pernah menjadi model video klip grup musik Meteor Band.

Mengaku dibesarkan dalam keluarga dengan dua agama berbeda, Islam dan Katolik. Meski beragama Katolik, Celine Evangelista juga sedikit mengetahui soal Islam. Itu sebabnya istri Stefan William itu tidak merasa canggung ketika mengenakan busana muslim syar'i lengkap dengan hijab.

Kepada wartawan, Celine Evangelista mengungkap silsilah keluarganya. Celine Evangelista adalah cucu dari Sultani Fadeli Luran dan cicit dari H. Fadeli Luran, tokoh yang dikenal sebagai pengusaha sekaligus pemuka agama di Makassar.

"Seperti yang aku bilang tadi, saya dibesarkan dari dua agama berbeda, kakek aku juga salah satu pejuang muslim, salah satu pemersatu muslim di Indonesia," ungkap Celine Evangelista di Studio G7, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (20/5/19).

Di daerah asalnya, Fadeli Luran sosok yabg sangat disegani. Selain religius dan menyiarkan Islam, Fadeli Luran sangat peduli lingkungan. Beliau juga merupakan tokoh Syarikat Islam, Abdul Majid Sangaji di Kalimantan Timur hingga Yogyakarta.

Kakek buyut Celine Evangelista juga menjadi salah satu sosok di balik berdirinya organisasi Ikatan Masjid Mushalla Indonesia Muttahidah (IMMIM). Ia juga dikenal sebagai orang yang peduli dengan pendidikan pesantren.

"Jadi aku sudah biasa dari kecil, aku sekolah di sekolah muslim juga, belajar Alquran juga, terus aku juga belajar soal agama Katolik dan mengimani Katolik," beber Celine Evangelista.

Dari pendidikan yang dipelajari di rumah ataupun sekolah, Celine Evangelista sangat menanamkan rasa toleransi. Menurutnya perbedaan keyakinan bukan sebuah masalah.

"Jadi menurut aku perbedaan itu bukan untuk diperdebatkan juga. Bukan untuk dicari siapa yang salah, siapa yang benar. Perbedaan itu sudah pasti ada. Menurut aku perbedaan itu harus dinikmati, dicintai, dan dihargai satu sama lain," kata Celine Evangelista.

Ibu tiga anak itu pun mengatakan dua agama yang dikenalnya memiliki tujuan baik, makanya Celine Evangelista cinta kepada dua ajaran agama yang berbeda itu. "Keluarga aku ada yang muslim ada yang nonmuslim. Jadi menurut aku, aku cinta dua-duanya," pungkas Celine Evangelista.

Filemografi sunting

Filem sunting

Tahun Tajuk Watak Terbitan
2006 Bangku Kosong
Enam
2009 Kutukan Suster Ngesot Shanty
2011 Misteri Hantu Selular
2017 Ruqyah: The Exorcism Asha MD Pictures
Dee Company

Sinetron sunting

Tahun Tajuk Watak Terbitan
2003 - 2005 Inikah Rasanya Rapi Films (SCTV)
2006 Aku Hamil
Pengantin Remaja SinemArt (RCTI)
Rahasia Ilahi
2007 Love MD Entertainment (SCTV)
Romantika Remaja Morin
Cinta Bunga Mona
Suci Nina
2009 Bayu Cinta Luna (BCL) Nadia
2010 Sinar Celine
2010 - 2011 Putri Yang Ditukar Seli SinemArt (RCTI)
2012 Binar Bening Berlian Binar
Karunia Clara
2013 Tukang Bubur Naik Haji The Series Kathy
2014 Catatan Hati Seorang Istri Raisa
2016 Asisten Rumah Tangga Ana
Asisten Rumah Tangga 2
2019 Cinta Suci Cleo SinemArt (SCTV)
Supir dan Majikan Eva

FTV sunting

  • Inikah Rasanya
  • Ghost
  • Hantu Rambut Palsu
  • Dongeng Aladin
  • Asmara di Bawah Hujan

Diskografi sunting

Penghargaan sunting

Tahun Penghargaan Kategori Keterangan Hasil
2017 Infotainment Awards 2017 Pernikahan Selebriti Paling Fenomenal Stefan William & Celine Evangelista Tercalon

Rujukan sunting

  1. ^ "Dirly 'Idol' Tunangan 14 Februari 2011". 6 Februari 2011.
  2. ^ "Celine Evangelista Dirly Idol Dikaruniai Buah Hati". 4 September 2012.
  3. ^ "Pemberkatan Nikah Celine Evangelista-Stefan William Khidmat". 11 November 2016.
  4. ^ "Celine Evangelista Melahirkan Bayi Laki-laki". 10 Oktober 2017.

Pautan luar sunting