Hari Paskah Besar

(Dilencongkan dari Hari Easter)

Hari Paskah atau Paskah Besar (Bahasa Latin: Páscha, Bahasa Yunani: Πάσχα, translit. Paskha; Ashtariku; dari Bahasa Ibrani: פֶּסַח‎, translit. Pesaḥ;[1] Bahasa Inggeris: Easter) merupakan perayaan penganut agama Kristian yang memperingati kejadian Yesus Kristus dihidupkan kembali (atau "dibangkitkan") pada hari Ahad itu. Ia lazimnya disambut antara akhir bulan Mac dan akhir bulan April setiap tahun (awal April hingga awal Mei bagi penganut Kristian Timur mengikut takwim Gregorius), menurut kitaran bulan.

Paskah
Resurrection (24).jpg
Diraikan oleh/di
Majoriti Umat Kristian
JenisKristian
KepentinganMerayakan kebangkitan Yesus
SambutanKebaktian gereja, perjamuan keluarga, lilin paskah, berburu telur Paskah untuk anak-anak dan memberi hadiah untuk orang dewasa (khususnya di AS dan Kanada)
UpacaraDoa, doa puasa, doa semalam suntuk (khususnya tradisi Timur), Kebaktian subuh (khususnya tradisi Protestan AS)
TarikhDitentukan oleh Computus
Tarikh 2021Templat:Pascha (Timur)
Templat:Computus (Barat)
Tarikh 2022Templat:Pascha (Timur)
Templat:Computus (Barat)
Tarikh 2023Templat:Pascha (Timur)
Templat:Computus (Barat)
Berkaitan dengan
Paskah Yahudi, Pra-Paskah:Rabu Abu, Ahad Palma; Minggu Suci: Khamis Putih, Jumaat Agung, Sabtu Suci; Kenaikan Tuhan Yesus, Pentakosta, Minggu Trinitas, dan Corpus Christi yang mengikutinya.

Sebelum perayaan Paskah, Minggu Suci ("Holy Week") disambut oleh mereka dan pada Jumaat sebelum Paskah dikenali sebagai Jumaat Agung iaitu hari Yesus telah disalib. Pada Ahad Palma ("Palm Sunday") yang menandakan permulaan Minggu Suci, setiap penganut akan diberikan daun palma yang telah diurapi oleh para paderi.

Paskah juga merujuk pada masa di dalam kalender gereja yang disebut musim Paskah, yaitu masa yang dirayakan dulu selama empat puluh hari sejak Minggu Paskah (puncak dari Minggu Suci) sehingga hari Kenaikan Yesus namun sekarang masa tersebut diperpanjang hingga lima puluh hari, yaitu sampai dengan hari Pentakosta (yang artinya "hari kelima puluh" – hari ke-50 setelah Paskah, terjadi peristiwa turunnya Roh Kudus). Minggu pertama di dalam masa Paskah dinamakan Oktaf Paskah oleh Gereja Katolik Roma. Hari Paskah juga mengakhiri perayaan Pra-Paskah yang dimulai sejak empat puluh hari sebelum Kamis Putih, yaitu masa-masa berdoa, penyesalan, dan persiapan berkabung.

Perayaan Paskah terkenal dengan pemberian telur berwarna-warni yang berisikan coklat, di mana tradisi ini sebenarnya bukan tradisi Kristian tetapi merupakan tradisi kuno Yunani merayakan datangnya musim bunga dengan meriah mengiringi kegembiraan meninggalkan musim dingin yang suram dan beku - telur melambangkan kesuburan.

EtimologiSunting

Istilah Paskah dalam bahasa-bahasa Latin biasanya diturunkan dari salah satu dari dua sumber: Paskha atau Pesakh dan Estre/Eostre atau Easter.[2] Dalam bahasa-bahasa Slavia, biasanya istilah yang digunakan memiliki erti "Hari Agung".

Perayaan PaskahSunting

Tradisi Paskah KristianSunting

Simbol Anak Domba

Antara simbol popular Paskah Kristian, kambing adalah yang paling penting dalam perayaan besar ini. Yesus Kristus sebagai "Anak Domba Paskah", seperti yang Paulus nyatakan dalam 1 Korintus 5:7, dengan bendera kemenangan, boleh dilihat dalam lukisan yang dipasang di rumah keluarga Eropah.

Doa yang paling kuno untuk memberkati anak domba terdapat dalam buku ritual abad ketujuh biara Benediktin di Bobbio, Itali. Dua ratus tahun kemudian orang Rom menggunakannya dan selepas itu, selama berabad-abad kemudian, hidangan utama makan malam Paus pada Hari Paskah ialah kambing panggang. Selepas abad kesepuluh, bukannya kambing keseluruhan, kepingan daging yang lebih kecil dihidangkan.

Tradisi purba kambing Paskah juga memberi inspirasi kepada orang Kristian untuk menghidangkan kambing sebagai hidangan popular pada Paskah. Sehingga kini, kambing dihidangkan sebagai menu utama Ahad Paskah di pelbagai bahagian timur Eropah. Walau bagaimanapun, selalunya bentuk kambing kecil yang diperbuat daripada mentega, roti atau gula-gula pengganti kambing, dan menjadi hidangan utama hidangan Paskah.

Tuguran

Tuguran adalah tradisi penting dalam Gereja Roman Katolik, yang termasuk berpuasa sehingga 40 jam bermula pagi Jumaat sebelum Paskah. Pada tengah malam Sabtu mereka berbuka puasa, dengan menyanyikan pujian, membaca kitab suci dan melakukan ritual dengan roti dan wain. Misa Fajr pada hari Ahad Paskah adalah satu bentuk perayaan.

Acara musik Paskah

Di kota Winston-Salem, negara bagian North Carolina, AS terdapat sebuah jemaat Gereja Persaudaraan Moravia yang memiliki tradisi Paskah tahunan. Mulai hari Minggu pukul dua dini hari, para anggota gereja Moravia kota tersebut datang ke sebuah kuburan bersejarah bernama God's Acre untuk menyambut kebangkitan Yesus diiringi dengan koor alat-alat musik yang berjumlah hingga 500 alat musik. Acara ini sudah dilangsungkan setiap tahun selama lebih dari dua abad dan telah menarik ribuan turis setiap tahunnya sehingga kota Winston-Salem diberi julukan "Kota Paskah" (Easter City).

Salubong

Di Filipina yang kebanyakannya Katolik Rom , pagi Ahad Paskah disambut dengan perayaan yang menggembirakan yang dikenali sebagai Salubong (Mesyuarat). Pada perayaan itu, patung gergasi Maria dan Yesus, dan beberapa orang kudus lain, diarak melalui jalan-jalan m. Perayaan kemudian diteruskan dengan Misa Paskah.

Misa sehari penuh

Di New Mexico, AS setiap tahun, sampai 50 ribu orang berbaris di jalan-jalan di negara bagian tersebut untuk mencapai sebuah gereja kecil berumur 200 tahun pada fajar Hari Paskah. Ada yang berjalan sejauh 165 kilometer. Gereja ini menyelenggarakan misa sehari penuh tanpa henti, memberikan sakramen komuni suci untuk semua umat yang datang.

Gua Maria

Di Nusa Tenggara Timur, Indonesia setiap menjelang Paskah, puluhan ribu peziarah mengunjungi Kapel Tuan Ma di Kota Larantuka, untuk menghormati Mater Dolorosa atau patung Bunda Maria. Selain hari Paskah, patung ini tidak diperkenankan dilihat untuk umum. Puluhan ribu umat Katolik dari berbagai daerah rela beratur berjam-jam untuk dapat masuk dalam Kapel Tuan Ma. Di Chapel itu, digelar upacara Muda Tuan atau pembersihan patung Bunda Maria. Selesai upacara, pintu-pintu kapela dibuka dan umat diperbolehkan masuk untuk memberikan penghormatan kepada Mater Dolorosa. Di dalam kapela, para peziarah menyalakan lilin sambil menyanyikan lagu-lagu untuk memuji Mater Dolorosa. Patung Mater Dolorosa hanya dapat dilihat setahun sekali pada saat menjelang Paskah. [[Berkas:PasquaSulmona2007.jpg|link=https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:PasquaSulmona2007.jpg%7Cthumb%7CSebuah prosesi kebangkitan di Sulmona, Italia]]

Perarakan kebangkitan

Di Poland , perarakan kebangkitan ( Rezurekcja ) bermula pada misa pagi Paskah apabila loceng gereja dibunyikan dengan kuat untuk memperingati kebangkitan Yesus. Tradisi lain ialah więconka , iaitu berkat bakul Paskah oleh imam pada hari Sabtu Suci.

Bandar Sevile di Sepanyol biasanya menganjurkan perayaan Paskah yang sangat meriah. Pada Minggu Suci, perarakan demi perarakan berlaku di bandar (sebanyak 58 perarakan sepanjang Minggu Suci 2007) yang selalunya dihadiri oleh 3000 orang setiap perarakan. Pemain muzik menyertai perarakan. Perarakan yang paling terkenal adalah pada malam Jumaat Agung.

Selain Seville, bandar Sepanyol lain juga terkenal dengan tradisi perayaan Paskah mereka, seperti bandar Málaga , León , Cartagena , Castille , dsb. Negara lain yang mempunyai tradisi Paskah yang kuat termasuk negara Itali , Malta , Amerika Tengah dan Amerika Latin .

Telur Paskah

Karena telur tidak diperkenankan untuk dimakan selama masa Pra-Paskah, maka pada hari Paskah telur kembali disantap bersama-sama, dan pada mulanya diberi warna merah untuk melambangkan sukacita Paskah. Tradisi ini tidak hanya ditemukan di gereja-gereja Latin, tapi juga Oriental. Pemberian makna simbolis yang mengkaitkan telur dengan kelahiran baru diperkirakan baru diciptakan lama setelah tradisi ini ada. Tradisi ini diduga berasal dari/dipengaruhi oleh paganisme. Pada beberapa negara, orang tua-orang tua baptis memberikan telur Paskah kepada anak-anak baptis mereka. Telur yang bewarna biasanya digunakan sebagai mainan anak-anak. Di Amerika Serikat terdapat permainan yang cukup populer, yang dikenal dengan sebutan "egg-picking" (mengambil telur). Permainan yang lain misalnya "egg-rolling" (menggelindingkan telur) yang dilakukan anak-anak pada Senin Paskah di halaman Gedung Putih di Washington.[3]

Perarakan bangunkan orang

Di Puy , Perancis, terdapat tradisi Paskah yang tidak diketahui sejak bila ia bermula, iaitu apabila menyanyikan mazmur Matins seorang penyanyi yang merupakan sebahagian daripada koir tidak hadir, maka beberapa penyanyi dan seorang paderi akan berjalan membawa salib perarakan dan suci. air, kemudian pergi ke rumah penyanyi yang tidak hadir, sambil menyanyikan "Haec Dies", kemudian memercikkannya dengan air suci jika dia masih di atas katil, kemudian membawanya ke gereja. Sebagai hukuman atas ketidakhadirannya, dia terpaksa menyediakan sarapan pagi untuk konduktor . Tradisi serupa ditemui di Nantes dan Angers pada abad ke-15 ; sinod mengharamkannya pada 1431 dan 1448. [3] [[Berkas:Slovak_easter_food.jpg|link=https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Slovak_easter_food.jpg%7Cthumb%7CHidangan Paskah orang Slowakia]]

Pemberkatan makanan

Di Gereja-gereja Latin dan Oriental, ada tradisi untuk memberkati makanan yang selama masa Pra-Paskah tidak boleh disantap sebelum memakannya pada hari Paskah, terutama daging, telur, mentega, dan keju.[4] Mereka yang makan makanan tersebut sebelum diberkati, menurut kepercayaan pada masa lampau, akan dihukum oleh Tuhan.[5]

Pemberkatan rumah

Pada malam Paskah rumah-rumah diberkati.[6] untuk memperingati tradisi membubuhkan darah domba Paskah di tiang pintu rumah. Para pastor paroki (di Eropa) mengunjungi rumah-rumah di wilayah parokinya; tempat tinggal Paus juga diberkati pada hari ini oleh Paus sendiri.[7]

Tradisi Paskah sekulerSunting

Paskah saat ini telah menjadi salah satu hari raya yang penting secara ekonomi, terlihat dari banyaknya penjualan kartu Paskah, telur Paskah yang terbuat dari cokelat, serta pernak-pernik serta makanan-makanan bertemakan Paskah lainnya. Berawal dari Eropa dan Amerika Serikat, tradisi-tradisi Paskah yang sekuler mulai menyebar ke negara-negara lainnya di dunia, termasuk yang populasi Kristennya sedikit. Hotel-hotel dan pusat-pusat perbelanjaan banyak mengambil tema Paskah yang terlepas dari unsur kekristenannya.

Di banyak negara-negara berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru tradisi Paskah yang berlangsung biasanya di seputar telur Paskah. Menghias telur Paskah pada hari Sabtu dan berburu telur-telur tersebut yang disembunyikan pada hari Minggunya. Selama lebih dari 100 tahun, anak-anak datang ke halaman Gedung Putih pada hari Senin Paskah, untuk ikut berburu telur Paskah.

Di berbagai daerah di Jerman kelinci-kelinci Paskah dalam bentuk kue-kue dan gula-gula mulai populer di Jerman Selatan, dan sekarang kue dan gula-gula tersebut amat disukai anak-anak di berbagai macam negara. link=https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Hopp_i_p%C3%A5skefjell2.jpg|thumb|Berski saat liburan Paskah di Norwegia

Ski

Di negara-negara Skandinavia seperti Norwegia, Finlandia, Swedia, dan Denmark, banyak orang yang menjalankan tradisi lama ber-ski pada hari Paskah. Tradisi yang lain adalah mendandani anak-anak kecil dengan kostum untuk meminta permen ke tetangga-tetangga mereka. [[Berkas:Easter_fire.jpg|link=https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Easter_fire.jpg%7Cthumb%7CApi Paskah di Balve, Jerman]]

Api Paskah

Di bagian utara dan timur Belanda (Twente dan Achterhoek) dan di Jerman Utara (Osterfeuer), api Paskah (Paasvuur) dinyalakan pada Minggu Paskah malam.

Pada zaman dahulu, api Oster dinyalakan di atas gunung (gunung Easter/Osterberg) dan dinyalakan dari api yang baru pada kayu nodfyr; Ini merupakan tradisi pagan yang menyebar di benua Eropa yang melambangkan dimulainya musim semi dan berakhirnya musim dingin. Para uskup gereja mengeluarkan larangan terhadap penyalaan api ini,[8] namun tidak berhasil menghapuskan tradisi non-Kristen ini. Gereja lalu mengadopsi upacara ini, dan memberi lambang yang baru, yaitu memperingati "tiang api" yang menuntun bangsa Israel keluar dari Mesir dan kebangkitan Yesus; api Paskah yang baru ini dinyalakan pada hari Sabtu Suci dari batu api, melambangkan batu penutup kubur yang digulingkan ketika Yesus bangkit. Di beberapa tempat di Eropa sebuah lambang musim dingin dilemparkan ke api, namun di Rhine, Tyrol, dan Bohemia, yang dilemparkan ke api adalah lambang Yudas[9]

Olahraga dan perayaan

Jemaat Yunani dan Rusia, setelah melewati masa Pra-Paskah mereka yang panjang, merayakan Paskah dengan olahraga-olahraga populer; di mana-mana ada musik, tari-tarian, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Di Rusia orang-orang boleh berkunjung ke menara lonceng gereja dan membunyikan sendiri loncengnya khusus pada hari tersebut, sebuah kesempatan yang jarang dilewatkan oleh penduduk setempat.[3]

Bola tangan

Bola tangan merupakan salah satu kegiatan Paskah yang dilakukan di Prancis dan Jerman.[10] Bola dapat melambangkan matahari. Para uskup, imam, dan biarawan, setelah melewati masa Pra-Paskah yang ketat, biasa bermain bola tangan sepanjang pekan Paskah.[11] Kegiatan ini disebut dengan nama libertas Decembrica, karena sebelumnya pada bulan Desember para tuan biasa bermain bola dengan pelayan-pelayan dan gembala-gembala ternak mereka. Permainan bola tangan tersebut kemudian disambung dengan tari-tarian yang bahkan diikuti oleh para uskup dan biarawan. Di Inggris, permainan bola ini juga merupakan olahraga favorit Paskah, namun saat ini tradisi-tradisi tersebut telah menghilang.[12] [[Berkas:Osterbrunnen_pegnitz.JPG|link=https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Osterbrunnen_pegnitz.JPG%7Cthumb%7CPancuran Paskah di Jerman yang dihiasi dengan telur-telur Paskah]]

Festival Paskah

Kota Salzburg di Austria setiap tahunnya mengadakan Festival Paskah Salzburg (Salzburger Osterfestspiele), yaitu festival opera dan musik klasik selama pekan Paskah. Festival itu telah berlangsung sejak 1967 dan diperkuat oleh Die Berliner Philharmoniker (Orkestra Filharmonik Berlin), Gustav Mahler Jugendorchester (Orkestra Muda Gustav Mahler), dll.

Kelinci Paskah

Kelinci Paskah merupakan simbol pagan dan selalu merupakan simbol kesuburan[3][13]

RujukanSunting

  1. ^ Definisi Paskah
  2. ^ (Inggeris) Oxford Dictionary: Easter
  3. ^ a b c d (Inggeris) Holweck, F. (1909) (1913). "Easter". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. Dicapai pada 19 Februari 2009.Templat:Sembunyikan mulai
    • ALBERS, Festtage des Herrn und seiner Heiligen (Paderborn, 1890).
    • BACH, Die Osterberechnung (Freiburg, 1907);
    • BERNARD, Cours de Liturgie Romaine;
    • BINTERIM, Denkwurdigkeiten (Mainz, 1837);
    • DUCHESNE, Orig. du Culte Chret. (Paris, 1889);
    • DUCHESNE, La question de la Paque du Concile de Nicee in Revue des quest. histor. (1880), 5 sq.;
    • GROTEFEND, Zeitrechnung (Hanover, 1891–1898);
    • GUERANGER, Das Kirchenjahr, Ger. tr. (Mainz, 1878), V, 7;
    • LERSCH, Einleitung in die Chronologie (Freiburg, 1899);
    • HAMPSON, Calendarium Medii Ævi (London, 1857);
    • KELLNER, Heortologie (Freiburg im Br., 1906);
    • Kirchenlex., IX, cols. 1121–41;
    • KRAUS, Real-Encyk.;
    • KRUSCH, Studien zur christlish- mittelalterlichen Chronologie (Leipzig, 1880);
    • MIGNE, La Liturgie Catholique (Paris, 1863);
    • NILLES, Calendarium utriusque Ecclesiae (Innsbruck, 1897);
    • PROBST, Die altesten römischen Sacramentarien und Ordines (Munster, 1892);
    • ROCK, The Church of Our Fathers (London, 1905), IV;
    • SCHWARTZ, Christliche und judische Ostertafeln (Berlin, 1905);
    • Suntne Latini Quartodecimani? (Prague, 1906);
    Templat:Sembunyikan selesai
  4. ^ Ritualbucher, Paderborn, 1904; Maximilianus, Liturg. or., 117, cf. Catholic Encylopedia
  5. ^ Migne, Liturgie, s.v. Pâques, cf. Catholic Encylopedia
  6. ^ Rit. Rom., tit. 8, c. iv, cf. Catholic Encylopedia
  7. ^ Moroni, Dizionaria, s.v. Pasqua, cf. Catholic Encylopedia
  8. ^ Conc. Germanicum, a. 742, c.v.; Council of Lestines, a. 743, n. 15, cf. Catholic Encyclopedia
  9. ^ Reinsberg-Düringfeld, Das festliche Jahr, 112 sq., cf. Catholic Encyclopedia
  10. ^ Simrock, op. cit., 575, cf. Catholic Encylopedia
  11. ^ Beleth, Expl. Div. off., 120, cf. Catholic Encylopedia
  12. ^ Kirchenlex., IV, 1414, cf. Catholic Encylopedia
  13. ^ Simrock, Mythologie, 362

Pautan luarSunting