Raam Punjabi atau nama sebenarnya ialah Raam Jethmal Punjabi (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Oktober 1944; umur 79 tahun) adalah seorang produser filem dan sinetron di Indonesia. Dia mengaku sebagai produser paling berjaya pada masa sekarang ini dengan Syarikat Penerbitannya Multivision Plus.

Raam Punjabi
Kelahiran
Raam Jethmal Punjabi

(1944-10-06) 6 Oktober 1944 (umur 79)
Pekerjaanproduser
Tahun aktif2003–sekarang
PasanganRaakhe Punjabi
Anak-anakAmeet Punjabi (alm)
Kharisma Punjabi
Amrit Punjabi
Ibu bapaJethmal Tolaram Punjabi
Dhanibhai Jethmal Punjabi

Biografi sunting

Dari tahun 1962 begitu berdirinya stasiun televisi publik yaitu TVRI di Kelapa Gading sampai 1963 Raam bekerja di sebuah perusahaan tekstil. Ketertarikan anak ketiga dari tujuh putra-putri pasangan Jethmal Tolaram Punjabi dan Dhanibhai Jethmal Punjabi ini pada dunia perfilman sudah datang dari sejak kecil, karena hobinya menonton film dan kebiasaannya keluar masuk bioskop.

Pada tahun 1967, bersama dua kakaknya, Dhamoo Punjabi dan Gobind Punjabi, Raam mendirikan perusahaan importir film, PT Indako Filem dengan modal Rp 30 juta (RM 30 Juta).

Ini adalah filem Indonesia pertama yang menggunakan seluloid 70 milimeter, tapi kurang laku ketika dilempar ke pasar. Kemudian kembali Raam memproduksi film Demi Cinta yang dibintangi Sophan Sophiaan dan Widyawati. Namun film produksi keduanya ini termasuk biasa-biasa saja dalam peredarannya. Baru di film ketiganya, Pengalaman Pertama, bintang terang menghampirinya. Film ini dibintangi Roy Marten, Yati Octavia, dan Robby Sugara.

Pada tahun 1980-an ketika kondisi perfilman Indonesia sedang terpuruk, Raam malah sukses, membawa trend film bertemakan komedi di perfilman Indonesia dengan menampilkan bintang komedi pada saat itu trio Warkop (Warung Kopi) yaitu Dono, Kasino dan Indro.

Pada umur 17 tahun awal kariernya sebagai produser, Raam telah memproduksi lebih dari 100 filem termasuk lewat PT Parkit Film yang ia dirikan pada 1981.

Pada tahun 1990 ia mendirikan rumah produksi PT Tripar Multivision Plus dengan modal Rp. 250 juta.

Pada tahun 2004, terbit buku biografi Raam Punjabi berjudul Panggung Hidup Raam Punjabi. Buku setebal lebih dari 300 halaman dan disusun oleh Alberthiene Endah itu banyak mengetengahkan sisi kehidupan Raam Punjabi. Buku tersebut ini diterbitkan Grasindo (kelompok penerbit milik PT Gramedia).

Keluarga sunting

Raam mempunyai 4 saudara yaitu Dhamoo, Nanki, Jaiwanti dan Gobind. Raam menikahi Raakhe Punjabi pada tanggal 16 April 1971. Raam mempunyai 3 anak yaitu:

  • Ameet Punjabi (meninggal pada tahun 1985)
  • Kharisma
  • Amrit

Perusahaan sunting

Rujukan luar sunting