Selamat datang ke Wikipedia, Surijeal!

Terima kasih kerana menyertai Wikipedia bahasa Melayu, kini terdapat seramai 334,520 pengguna berdaftar!
Selamat sejahtera. Selamat datang ke Wikipedia dan terima kasih atas sumbangan anda! Saya Wiki Farazi, salah seorang penyunting di sini dan saya berharap anda sudi untuk membantu laman ini.
Beberapa panduan yang mungkin berguna untuk anda:
    Pengenalan kepada Wikipedia
    Lima tonggak Wikipedia
    Tutorial suntingan
    Bagaimana menyunting halaman
    Manual gaya penulisan
    Asas-asas Kod Wiki
    Bagaimana mencipta artikel
    Laman bantuan
    Apa yang Wikipedia bukan
Sesetengah perkara yang digalakkan dan dilarang:
    Digalakkan berani dalam mengemaskini laman
    Digalakkan beranggapan niat baik
    Digalakkan mengamalkan prinsip kesopanan
    Digalakkan mengamalkan pandangan berkecuali
    Jangan melaku musnah
    Jangan sampai disekat
Jika anda memerlukan bantuan, anda boleh:
    Meja bantuan
atau:
    Bertanya soalan kepada penyelia
Terdapat beberapa cara untuk menyumbang kepada Wikipedia. Antaranya seperti:
      Menjadi seorang WikiPari dan WikiSihir
    Membantu menyumbang pada artikel
           
    Melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan
    Membantu mencipta templat baru
    Membantu dalam projek yang tersedia di WikiProjek

Sentiasa ingat untuk menandatangani pesanan anda pada laman perbincangan dengan meletakkan ~~~~ (empat kali tanda gelombang) atau klik butang   pada laman penyuntingan.

Semoga anda menikmati kunjungan di Wikipedia bahasa Melayu. Selamat menyumbang!

Do not understand Malay? Visit our embassy now.
Ikhlas daripada saya, Wiki Farazi

Majapahit sunting

Tolong hentikan pengguna Surijeal agar tidak terus merusak halaman wikipedia melayu bendera malaysia. Dengan terus menambahkan klaim bendera malaysia berasal dari majapahit. Majapahit itu tidak punya bendera dan itu sudah di jelaskan di wikipedia inggris . Bahkan klaim bendera majapahit di wikipedia flag of malaysia dan flag of east india company sudah di hapus oleh administrator. Dan sudah jelas tertera di laman bendera malaysia terinspirasi dari bendera johor dan bendera syarikat timur hindia. Anda adalah user wikipedia dari indonesia . Jadi tolong bersifat netral . dan jangan jadikan laman wikipedia melayu terutama laman wikipedia melayu bendera malaysia sebagai tempat promosi teori bendera majapahit atau propaganda majapahit terhadap malaysia. Karena ini akan menyakiti perasaan para pengguna wikipedia dari malaysia dengan klaim sepihak anda bahwa bendera malaysia berasal dari majapahit. Negitota (bincang) 13:43, 21 Mac 2022 (UTC)Balas

  1. Merusak halaman wikipedia melayu bendera malaysia -> Coba tunjukkan, mana suntingan yang merusak. Yang saya lakukan adalah membalikkan suntingan Anda yang merupakan sockpuppet/akaun boneka dari Yukiaika3. Dari tuduhan anda saya bersifat merusak, menunjukkan bahwa Anda tidak membaca [Wikipedia:Assume good faith - Wikipedia] [Wikipedia:Anggaplah niat baik - Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas]
  2. Terus menambahkan klaim bendera malaysia berasal dari majapahit -> Coba cermati, apa saya mengklaim bendera Majapahit sejak awal pembuatan halaman itu? Yang saya lakukan adalah menambah rujukan yang melengkapi informasi yang tertera. Jadi dalam hal ini suntingan saya tidak merusak.
  3. Majapahit itu tidak punya bendera dan itu sudah di jelaskan di wikipedia inggris -> Ah masa? Sudah baca Desawarnana pupuh 18 belum? Saya yakin jika Anda sudah baca anda dan editor di wikipedia Inggris itu tidak akan berbicara seperti itu. Kecuali jika Anda memang bebal menutup mata dan pada dasarnya tidak mau menerima catatan sejarah yang ada.
  4. Bahkan klaim bendera majapahit di wikipedia flag of malaysia dan flag of east india company sudah di hapus oleh administrator -> Ketahuan anda tidak baca halaman yang bersangkutan. Siapa yang mengklaim bendera kedua itu dari Majapahit? Bukan saya yang pasti, saya hanya menambahkan rujukan dari buku yang ditulis sarjana/cendekiawan Malaysia. Dalam konteks ini, suntingan saya bersifat konstruktif untuk melengkapi informasi, bukan destruktif/merusak. Dan jangan libatkan halaman flag of east india company, karena saya tidak menyuntingnya.
  5. Sudah jelas tertera di laman bendera malaysia terinspirasi dari bendera johor dan bendera syarikat timur hindia -> Ini klaim Anda saja, yang Anda sertakan dengan bukti yang tidak jelas asalnya. Bahkan jika Anda membaca laman Flag of Malaysia, tidak ditemukan indikasi bahwa ia terinspirasi bendera Johor.
  6. Jadi tolong bersifat netral -> Ini adalah perkara yang saya junjung tinggi, jadi jika anda asumsikan saya tidak netral, Anda memang benar tidak membaca [Wikipedia:Assume good faith - Wikipedia].
  7. Promosi teori bendera majapahit -> Sekali lagi saya tanya, siapa yang menyunting klaim bendera Majapahit digunakan untuk bendera Malaysia? Silahkan Anda baca kembali sejarah halaman dan lihat siapa yang pertama sunting/edit. Jelas bukan saya, saya hanya memberikan rujukan untuk informasi yang tersedia.
  8. Propaganda majapahit terhadap malaysia -> Sekarang saya ingatkan lagi, siapa yang menambah informasi bahwa bendera Majapahit menjadi bendera Malaysia? Tuduhan anda yang langsung menganggap bahwa saya menyebarkan propaganda menunjukkan bahwa jelas Anda tidak membaca [Wikipedia:Assume good faith - Wikipedia]. Rujukan yang saya tambahkan adalah buku yang ditulis oleh cendekiawan Malaysia, jadi jika ada orang yang boleh dianggap menyebar propaganda, ya jelas bukan saya. Coba Anda jumpai langsung penulis buku tersebut, Ayman Rashdan Wong, dan tanyakan beliau mengapa menganggap bendera Malaysia berasal dari bendera Majapahit.
  9. Klaim sepihak anda bahwa bendera malaysia berasal dari majapahit -> Saya ingatkan lagi, siapa yang mengklaim bendera Malaysia berasal dari bendera Majapahit? Coba Anda lihat sejarah halaman tersebut.

    Anda menyuruh penyunting wikipedia lain untuk menghentikan saya tidak memiliki asas/dasar, karena suntingan yang saya lakukan bukan berniat merusak. Bahkan anda tidak melakukan salah satu policy wikipedia yaitu [Wikipedia:Anggaplah niat baik - Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas]. Begitu juga anda mengatakan "Karena ini akan menyakiti perasaan para pengguna" padahal Anda sendiri melakukan tuduhan personal/ad hominem berupa menuduh saya melakukan propaganda, padahal jelas yang menyunting informasi yang berkaitan bukan saya, saya hanya membantu melengkapi rujukan yang memang diperlukan pada setiap halaman.
    Aneh sekali jika Anda yang memiliki banyak akaun boneka (Pengguna:Yukiaika3, Pengguna:Oppanina, Pengguna:Tota_negi, Pengguna:Negitota, Pengguna:British_friend345, Pengguna:Abdul_malik50, Pengguna:Browneyes50) menuduh saya melakukan perusakan: Dari sejarah sumbangan yang dilakukan Anda dan akaun boneka Anda pada Wikipedia Inggris, Melayu, dan Indonesia, justru Anda-lah yang melakukan perusakan, pelanggaran, dan penyalahgunaan.
Surijeal (bincang) 15:20, 21 Mac 2022 (UTC)Balas

Tapi jelas sudah fakta di halaman wikipedia inggris flag of malaysia. Telah di setujui majapahit tidak memiliki bendera so jangan lagi menambah hubungan majapahit dengan bendera malaysia. Dan soal akun boneka, akun saya di wikipedia melayu malaysia cuma akun negitota ini. Akun yang lain itu adalah akun untuk wikipedia bahasa inggris. Di wikipedia melayu kita tidak menggunakan block untuk menyudutkan pendatang baru seperti yang anda lakukan di wikipedia bahasa inggris. Siapapun bebas mengedit di wikipedia melayu bahkan untuk orang indonesia . Anda cuma harus menghargai perasaan orang lain terhadap bendera kenegaraannya. Bagaimana perasaan anda jika bendera negara anda di klaim berasal dari negara lain? Dan anda membela itu lalu anda di block ? Dan saya lihat editan anda selalu menambahkan soal majapahit , jawa , atau nusantara tanpa melihat sumber sejarah daerah2 lain. Ini wikipedia melayu bukan wikipedia indonesia . Setidaknya anda bisa menambahkan sejarah2 melayu yang ada di asia tenggara atau mengembangkan halaman sejarah melayu lainnya, bukan malah menjadikan wikipedia melayu menjadi seperti wikipedia indonesia Negitota (bincang) 15:34, 21 Mac 2022 (UTC)Balas

  1. Telah di setujui majapahit tidak memiliki bendera -> Yakin sudah disetujui? Institusi apa yang menyetujuinya? Jurnal? Buku? Convention? Kalau hanya 1 orang editor yang mengklaim ya belum tentu benar. Sekarang saya tanya, apa Anda dan editor di wikipedia Inggris sudah baca Desawarnana pupuh 18? Dan sekali lagi saya ingatkan, saya tidak mengklaim bendera Malaysia dari bendera Majapahit. Keterangan itu sudah ada sebelum saya menyunting artikel itu.
  2. Di wikipedia melayu kita tidak menggunakan block untuk menyudutkan pendatang baru seperti yang anda lakukan di wikipedia bahasa inggris Dan anda membela itu lalu anda di block ? -> Ini bukan persoalan menyudutkan pendatang baru, tetapi niat Anda memang buruk, menggunakan akaun itu untuk mendukung satu dengan yang lain, juga perbuatan Anda sejak awal memang sudah buruk seperti menyerang penyunting lain secara personal/ad hominem, false reporting vandalisme (padahal Anda yang melakukan vandalisme), tetap membuat akaun baru meski sudah dilarang, dan sebagainya. Jelas Anda tidak membaca kebijakan-kebijakan Wikipedia, yang pelanggarannya berakibat pada pemblokiran. DAN JANGAN KLAIM Anda pendatang baru, saya bisa lihat dari akaun-akaun Anda.
  3. Dan saya lihat editan anda selalu menambahkan soal majapahit , jawa , atau nusantara tanpa melihat sumber sejarah daerah2 lain -> Spesialisasi saya memang pada daerah ini. Kalau saya paham tentang Malaysia, Filipina, dan Brunei saya bisa sunting juga. Sekarang saya tanya balik, kenapa editan Anda selalu menambahkan soal Melayu, Minangkabau, dan daerah sekitarnya? Malah Anda sering menghapus pernyataan tentang Majapahit, Jawa, atau sebagainya yang tidak sesuai dengan pandangan personal Anda. Jelas perbuatan Anda ini destruktif atau merusak. Jadi disini Anda berusaha terlihat seperti orang yang paling benar, padahal perbuatan yang telah dilakukan Anda tidak benar.
Surijeal (bincang) 15:57, 21 Mac 2022 (UTC)Balas

1. Apakah desawarna pupuh 18 sudah di terjemahkan di dalam bahasa inggris atau dalam bahasa melayu? Atau memiliki page wikipedia tersendiri ? 2. Dan saya memang pendatang baru akun saya bahkan belum sampai 5 bulan umurnya 3. Anda lihat ini wikipedia apa ? Ini wikipedia melayu . Tentu saya menambahkan sejarah yang berkaitan dengan melayu dan sumber melayu. Jika ini wikipedia indonesia atau wikipedia jawa saya juga akan menambahkan sumber dari indonesia atau dari jawa. Lalu soal menghapus pernyataan soal majapahit dan jawa, kebanyakan pernyataan majapahit dan jawa tidak di sertai sumber atau berbeda dengan yang di tulis oleh sumbernya. Seperti anda mengklaim bahwa sumber malay annals menyatakan jenis2 kapal majapahit yang menyerang singapura. Malay annals memang mengatakan majapahit menyerang singapura tapi tidak menyebutkan jenis kapalnya. Anda bahkan tidak menambahkan sumber2 dari china padahal kebanyakan kapal dan senjata di kawasan kepulauan melayu di pengaruhi oleh china. Sumber2 anda adalah sumber secara sepihak yang berasal dari indonesia atau hanya dari indonesia. Anda tidak melihat pendapat dari negara lain, atau china yang banyak menjadi sumber di wikipedia. 4. Yang saya bingungkan kenapa pengguna wikipedia indonesia selalu menambahkan keterangan majapahit, jawa, nusantara. Di wikipedia melayu terutama di wikipedia yang berhubungan dengan sejarah malaysia. Dan saya lihat di sejarah suntingan fenomena ini baru terjadi beberapa tahun belakangan ini. Halaman awal yang membahas sejarah malaysia lalu di banjiri keterangan2 dari pengguna wikipedia indonesia. 5. Saya tidak peduli anda mau mengedit apa, dan saya juga capek berdebat. Asalkan anda tidak menambahkan hubungan majapahit dan bendera malaysia saya tidak peduli sama sekali. Jadi kita sudahi sajalah Negitota (bincang) 16:12, 21 Mac 2022 (UTC)Balas

  1. Sudah ada. Untuk bahasa Melayu saya tidak tahu.
  2. Seperti anda mengklaim bahwa sumber malay annals menyatakan jenis2 kapal majapahit yang menyerang singapura. -> HAH APA? Kapan dan dimana saya pernah mengklaim ini?
  3. Pernyataan majapahit dan jawa tidak di sertai sumber atau berbeda dengan yang di tulis oleh sumbernya -> Bisa tunjuk bukti bahwa itu berbeda dengan sumber?
  4. Anda bahkan tidak menambahkan sumber2 dari china padahal kebanyakan kapal dan senjata di kawasan kepulauan melayu di pengaruhi oleh china. Sumber2 anda adalah sumber secara sepihak yang berasal dari indonesia atau hanya dari indonesia -> Jangan men-derail percakapan. Saya bisa mengatakan bahwa sumber anda sepihak dari Malaysia.
  5. Pengguna wikipedia indonesia selalu menambahkan keterangan majapahit, jawa, nusantara -> Anda tidak bisa menggeneralisir semua orang Indonesia demikian.
  6. Di banjiri keterangan2 dari pengguna wikipedia indonesia -> Kenapa Anda hubungkan ini ke halaman perbincangan saya? Setiap orang punya kemampuan dan pengetahuan masing-masing, terserah mereka mau menyunting apa
Surijeal (bincang) 16:30, 21 Mac 2022 (UTC)Balas